Burhanudin, Dari Birokrat Menuju Wakil Rakyat Inhu - Kuansing Di DPRD Riau

Burhanudin, Dari Birokrat Menuju Wakil Rakyat Inhu - Kuansing Di DPRD Riau
Burhanudin, SST

TELUK KUANTAN - Sosok Burhanudin, SST sudah dikenal masyarakat Kuantan Singingi ( Kuansing ) Riau. Selagi menjadi PNS, Ia terlibat sangat panjang dalam pembangunan dan kemajuan insfrastruktur didaerah ini. Dimulai pada masa-masa periode awal terbentuk Kuansing hingga tahun 2021.

Hal ini dapat dimaklumi karena karir sebagai abdi negara dihabiskannya pada Dinas PUPR, Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan serta Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Kuansing.

Anak jati Singingi kelahiran Muara Lembu 30 Oktober 1970 ini merintis karir PNS dari bawah sebagai Staf Teknik Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten  Indragiri Hulu 1990-2006.

Selepas itu Ia pulang mengabdi dikampung halaman Kuansing dan dipercaya sebagai Kepala Seksi Bangunan Dinas Pendidikan Pemuda dan  Olahraga Kuansing 2007-2010 . Setahun kemudian dipromosi menjadi Kepala Bidang Tata Bangunan 

dan Perumahan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kuansing 2011-2014. Fungsional Umum Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kuansing 2015-2016 

Sekretaris Dinas Dinas Perumahan, Kawasan  Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Kuansing  2017. Kepala Dinas Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kuansing 2018-2019.

Ayah dari tiga orang anak ini juga pernah menjadi Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kuansing.

Burhanudin pensiun dari PNS tahun  2021. Atas dedimasi sebagai PNS Ia menerima Penghargaan Satyalancana Karya Satya XX Dari Presiden RI Tahun 2017.

Burhanudin menjalani pendidikan dasar ditanah kelahirannya Muara Lembu pada SD Negeri Muara Lembu tahun 1984. SMP Negeri Muara Lembu tahun 1987. STM Negeri Teluk Kuantan tahun 1990.

Lalu melanjutkan pendidikan tinggi D.III Politeknik ITB Bandung Jurusan Teknik Sipil tahun 2000. D.IV Politeknik Bandung Jurusan Teknik Kimia tahun 2004.

Sosok low profile ini pernah ikut Pelatihan Ahli Hukum Kontrak Lembaga Kajian Indonesia 2007. Diklat Kepemimpinan Tk III Kementerian Dalam Negeri 2017.

Selepas karir panjang melayani masyarakat sebagai PNS,  Burhanudin kini memilih politik sebagai ladang berbuat dan melayani masyarakat.

Dalam Pemilu 2024 ini Burhanudin maju sebagai calon anggota ( Caleg ) DPRD Riau Dapil Inhu-Kuansing dari PDIP dengan nomor urut 6.

Motivasi maju menurutnya dengan berbekal pengalaman dan pengetahuan di birokrasi selama lebih kurang 30 tahun khusus dalam penanganan bidang infrastruktur permukiman baik pedesaan dan perkotaan, serta prasarana pendidikan, sosial dan ekonomi dapat terus berperan aktif dalam memberikan ide dan pemikiran serta dapat membantu menyalurkan aspirasi masyarakat secara optimal guna tercapainya pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya melalui DPRD Riau.

" Karena DPRD dan pemerintah daerah merupakan lembaga yang mengolah kebijakan anggaran pembangunan,"katanya.

" Jika hendak memperjuangkan aspirasi warga DPRD salah satu lembaganya,"lanjut Burhanudin.

Contoh diakhir masa jabatan sebagai Kadis Perumahan Kawasan Permukiman dan Petanahan Kuansing, Burhanudi telah menyusun master plan dan DED Water Front City( WFC ) Tepian Narosa Teluk Kuantan.

Ia berencana kawasan itu seelok WFC Siak Sri Indrapura.

" Jadi arena Pacu Jalur kebanggaan Kita bagus dan representatif kawasan itu juga indah dan nyaman bagi semua seperti di Siak "ujarnya.

" WFC Narosa ini salah satu yang ingin Saya wujudkan melalui dana APBD Riau jika diberi amanah oleh para pemilih,"lanjutnya.

Jika WFC Narosa terwujud katanya tentu kunjungan harian disana akan meningkat dari warga luar dan mendorong geliat ekonomi baik bagi pedagang dan usaha penginapan. ( adv )

Berita Lainnya

Index