7.042 Anggota KPPS Di Kuansing Dilantik Akan Bertugas Pada 1.006 TPS

7.042 Anggota KPPS Di Kuansing Dilantik  Akan Bertugas Pada 1.006 TPS
Wighati Iswandhiari

TELUKKUANTAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuansing, Kamis (25/1/2024) melalui Ketua PPS di 229 Desa/Kelurahan se Kabupatan Kuantan Singingi ( Kuansing)  pada pukul 09,00 WIB melantik secara serentak 7.042 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

" Para anggota KPPS ini akan bertugas melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di 1.006 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kuansing,"kata anggota KPU Kuansing Wigati Iswandhiari ST MM di Telukkuantan.

"Jadi hari ini, kami melalui Ketua KPPS melantik anggota KPPS secara serentak di desa dan kelurahan se Kuansing,"sambung  Wigati Iswandhiari.

Wigati menambahkan sejak hari ini tinggal 19 hari menuju hari pemungutan suara Pemilu 2024 pada hari Rabu, 14 Februari 2024. Karena itu sesuai tahapan, KPU melalui Ketua PPS melantik seluruh anggota KPPS.

Pelantikan serentak ini  tidak saja oleh KPU Kuansing tetapi juga di wilayah Negara Kesatuan Repbulik Indonesia. Secara nasional, KPU RI melanntik 5.741.127 anggota KPPS untuk 820.161 TPS.

Lokasi pelantikan diseluruh Indonesia tersebar pada 71.000 titik, sedangkan di Kuasing ads pada 229 titik.

 Pelantikan hari ini juga ditandai dengan penanaman pohon sejumlah KPPS yang dilantik secara serentak di lokasi pelantikan. KPU menyadari bahwa Pemilu membutuhkan banyak logistik berbahan baku kertas, memberikan dampak terhadap kelestarian alam.

KPU memandang pentingnya penanaman bibit pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. Hal ini juga sebagai simbol rasa syukur kepada Allah, SWT dan ikhtiar reboisasi terhadap pohon yang berkontribusi untuk pemenuhan logistik berupa kertas dalam Pemilu 2024.

Pelantikan KPPS serentak hari in mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk tiga kategori. Pelantikan secara serentak anggota penyelenggara Pemilu terbanyak. Bimbingan teknis secara serentak kepada anggota penyelenggara pemilu terbanyak dan penanaman bibit pohon terbanyak secara serentak oleh anggota penyelenggara Pemilu terbanyak.( rls )

Berita Lainnya

Index