Punya Basis Di Kuansing dan Inhu, Kans Juni Warti Halim Menjadi Anggota DPRD Riau Kian Terbuka

Punya Basis Di Kuansing dan Inhu, Kans Juni Warti Halim Menjadi Anggota DPRD Riau Kian Terbuka
Hj Juni Warti Halim

TELUK KUANTAN - Salah seorang srikandi politik asal Kuantan Singingi ( Kuansing) Hj Juni Warti Halim digadang-gadang berpeluang menjadi anggota DPRD Riau hasil Pemilu 2024. Ia maju lewat PDIP dari Dapil Inhu-Kuansing dengan nomor urut 3. Peluangnya realistis karena punya basis dukungan didua Kabupaten.

Juni Warti Halim dilahirkan di desa Pematang Silunak Peranap kabupaten Indragiri Hulu.  Masa kecilnya dihabiskan ditanah kelahirannya hingga menamatkan jenjang pendidikan SD,.

Usai menamatkan sekolah dasar, Ia pindah ke Teluk Kuantan mengikuti orang tuanya. Di Taluk Kuantan,  Ia melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 2 Teluk Kuantan,  tamat dari pendidikan jenjang pertama ini,  Ia melanjutkan pendidikan tingkat atas di SMA Negeri 1 Teluk Kuantan.      

Masa remajanya dihabiskan di kota jalur hingga akhirnya dipersunting H. Halim pada tahun 1989. 

Bersama suami H Halim ( Mantan Wabup Kuansing)

Buah pernikahannya dengan Halim pengusaha yang akhirnya menjadi Wabup Kuansing itu  dikaruniai tiga orang anak, dua putra satu  putri masing-masing Roni Juliansa,  Selly dan Sandy Yudha.

Dengan perjalanan hidupnya ini Juni Warti memiliki keuntungan karena ada dua basis elektoral dan tradisional yang akan menjadi lumbung-lumbung suara baginya.

Ditambah lagi dengan sokongan sang suami  Halim, mantan Wabup Kuansing,  salah satu tokoh sentral di Kuansing saat ini. Halim sekarang juga Ketua Dpc PDIP Kuansing sehingga basis dan mesin partai dapat dikerahkan untuk mendukung Juni Warti.

Sejak menjadi istri Wabup dan anggota DPRD Kuansing,  Juni Warti menjadi sosok  yang semakin membumi dan dikenal masyarakat. 

Pengalaman saat mendampingi suami sebagai ornag nomor dua di Kuansing ditambah menjalani dinamika politk di DPRD membuatnya semakin matang dalam mengelola dukungan masyarakat dan  membangun koalisi bersama kekuatan politik lain. 

Sebelum sang suami menjadi Wabup dan menjadi legislator, Juni Warti dikenal sebagai sosok perempuan yang lembut, low profile, rendah hati dan berjiwa sosial tinggi.

Walaupun keluarga mapan,  Ia tak berjarak dengan warga sekitar,  memiliki empati serta  suka membantu yang sedang membutuhkan,  begitu juga bagi orang lain di Kuantan Singingi yang mengenal sosok ibu tiga anak ini.  

Disela-sela waktu senggang ditengah seabrek acara diorganisasi yang Ia ikuti dan mendampingi suami menghadiri berbagai acara, Ia selalu menyempatkan diri bersilahturahmi dengan tetangga dan warga, kebiasaan lamanya selama ini.      

Saat menjadi istri orang nomor dua di Kuansing, wanita kelahiran 19 Juni 1968 ini  aktif dalam organisasi. Ia menduduki sejumlah jabatan penting, seperti ketua Gabungan Organisasi wanita ( GOW ) dan ketua Himpunan Pendidik Anak Usia Dini ( Himpaudi ) Kuansing.  Ia intens membesarkan  GOW dan Himpaudi serta juga kegiatan di tim penggerak PKK dan darma wanita persatuan ( DWP ) Kuansing.

Ia benar-benatr memanfaatkan momen itu untuk fokus dalam pengembangan pendidikan anak usia dini. Mengingat peran besar PAUD membentuk generasi muda Kuansing nan unggul memiliki daya saing tinggi dimasa datang. 

" Pendidikan usia dini salah satu penentu, makanya Saya mengajak bekerja keras memajukan pendidikan usia dini diseluruh desa yang ada di Kuansing, bekerja ikhlas demi anak-anak Kuansing yang lebik baik dimasa mendatang,"cetus Juni Warti Halim. 

Saat itu Juni Warti Halim melakukan sosialisasi keseluruh kecamatan bertemu seluruh pengurus PAUD desa, mengajak dan memotivasi mereka meningkatkan pengabdian demi kemajuan pendidikan usia dini di daerah ini. 

 " Ini tugas mulia, Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh tenaga pendidik PAUD yang telah bekerja tanpa mengenal lelah mendidik anak selama ini dan dimasa datang, Mari Kita bersatu dan bersama-sama memajukan pendiikan usia dini tanpa melihat latar belakang, jika Kita bersatu tak ada yang tidak mungkin,"ujarnya.  

Selama mengemban amanah rakyat Juni Warti juga berjuang meloloskan program-program APBD yang menunjang tumbuh dan kembang pemberdayaan anak dan perempuan.

Dimatanya kualitas anak dan perempuan yang baik akan membuat bangsa juga berkualitas. Karena kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh kelaurga yang harmonis, bahagia dan bermartabat           

Salah satu motivasinya maju untuk menjadi anggota DPRD Riau dari Dapil Inhu-Kuansing juga terdorong untuk pemberdayaan anak dan perempuan.

Dengan APBD Riau yang besar, program pemberdayaan anak dan perempuan juga dapat dilakukan lebih banyak. Tentu program lain juga mendapat perhatian  mulai insfrastruktur, pendidikan, kesehatan, pertanian, sosial agama dan kebudayaan.

Menilik profil dan perjalanan hidup yang dilakoni Juni Warti, kansnya terpilih menjadi anggota DPRD Riau besar. Basis elektoralnya  tersebar di Kuansing namun juga dari kampung halamannya di Indragiri Hulu juga dari masyarkat yang mengenalnya sebagai sosok pribadi yang baik. ( adv )

Berita Lainnya

Index