MUI Kuansing Gelar Rakerda II Membahas Berbagai Program

MUI Kuansing Gelar Rakerda II Membahas Berbagai Program
Rakerda MUI Kuansing

TELUK KUANTAN -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) II Tahun 2023, Jumat (29/12).

Pertemuan ini berlangsung di Aula Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Kuantan Singingi Desa Beringin Taluk, Kecamatan Kuantan Tengah.

Kegiatan ini dibuka Ketua MUI Provinsi Riau Prof Dr Ilyas Husti MA via zoom meeting. Turut hadir Ketua MUI Kuansing H Bakhtiar Saleh, Sekretaris MUI H Suhelmon, pengurus MUI Kuansing serta perwakilan MUI Kecamatan se Kuansing.

Ketua MUI Provinsi Riau Prof Dr Ilyas Husti mengatakan bahwa tujuan digelarnya Rakerda adalah untuk merumuskan program kerja satu tahun kedepan.

"Saya sampaikan selamat kepada MUI Kuansing yang telah melakukan Rakerda II. Mudah-mudahan Rakerda ini menelurkan program untuk Kuansing lebih baik," kata Prof Dr Ilyas Husti.

Dijelaskan Prof Ilyas, visi dan misi MUI berorientasi pada dua hal, diantaranya pertama MUI sebagai khadimul ummah atau pelayan umat dan kedua, shadiqul hukumah atau mitra pemerintah.

Maka MUI katanya, menjadi bagian penting serta mitra bagi pemerintah dalam rangka mendukung pembangunan untuk menyejahterakan masyarakat Kuansing dan menjaga prinsip-prinsip syari’ah dalam kehidupan umat Islam.

"Maka MUI diharapkan dapat menjadikan kedua peran ini sebagai platform dalam setiap gerakan yang dilakukan," katanya.

Sementara Ketua MUI Kuansing H Bakhtiar Saleh mengatakan bahwa rakerda ini dapat dijadikan wadah untuk menjalin silaturahmi sesama anggota dan pengurus MUI Kuansing.

"Selain membahas program, kegiatan ini sebagai wadah silaturahmi," katanya.

Bakhtiar pun menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini yang akan membahas berbagai program, sebagai salah satu bukti bahwa organisasi MUI Kuansing berkhitmat untuk umat.

"Kegiatan ini dapat meningkatkan peran dan fungsi MUI serta menyatukan pandangan bersama dengan pemerintah menuju Indonesia emas 2045," katanya.

Selanjutnya, Ketua Panitia Pelaksana H Suhelmon MA melaporkan pada saat pembukaan bahwa tujuan Rakerda untuk silaturahmi dan membuat program kerja di tahun 2024.

“Harapan kami kepada pengurus MUI, baik itu di tingkat kabupaten maupun tingkat kecamatan, harus benar-benar melakukan apa saja program yang sudah dilaksanakan,” katanya.

Untuk itulah, dirinya membeberkan bahwa MUI Kuansing terus menghimbau kepada seluruh pengurus untuk tetap melaksanakan fungsi dan tugas sebagai khadimul ummah atau pelayan umat.

"Terutama dalam hal pembinaan akhlakul karimah dan juga pembinaan aqidah Islamiyah di masyarakat," katanya.( ms)

Berita Lainnya

Index