Punya Kantong Suara dan Loyalis Antar Marwan Yohanis Melenggang ke DPRD Riau

Punya Kantong Suara dan Loyalis Antar Marwan Yohanis Melenggang ke DPRD Riau
Marwan Yohanis dan Prabowo Soebianto

TELUK KUANTAN - Marwan Yohanis merupakan salah satu politikus senior di Kuantan Singingi ( Kuansing ) Riau. Lama bertungkus lumus dalam dunia politik membuatnya memiliki kantong suara dan loyalis yang tersebar dimana-mana. Sebuah modal penting dalam menjaga eksistensi dalam dunia politik

Hal ini dibuktikan dengan berhasil menjadi anggota DPRD Kuansing masa bakti 2004-2009. Ia pernah didapuk menjadi Ketua DPRD Kuansing  selepas H Sukarmis terpilih menjadi Bupati. Saat itu maaih bernaung dipartai Golkar.

Ujian eksistensinya dalam karir politik dimulai saat memutuskan maju untuk anggota DPRD Riau dari daerah pemilihan ( Dapil ) Inhu-Kuansing. Banyak yang menyangsikan karena raihan suara yang harus digaet untuk.menjadi legislator DPRD Riau puluhan ribu.

Namun dengan keyakinan yang mantap pria asal Benai terpilih dari Partai Gerindra periode 2014-2019. Marwan kembali maju untuk periode 2019-2024 dan kembali terpilih.

Periode kedua maju ke DPRD Riau pada Pemilu 2019 saat yang berat dalam karir politiknya. Mendekat hari H,  Marwan dirundung sakit sehingga tidak dapat bergerak leluasa. Praktis dirinya mengendalikan pergerakan dari rumah. 

Namun dengan kesabaran membangun jaringan politik sebelumnya sehingga terbentuk kantong-kantong suara dan para loyalis. Merekalah yang tetap bergerak dilevel bawah.

Pemilu 2019 itu menjadi pertaruhan dan pembuktian Marwan Yohanis dalam membangun jaringan hingga keakar rumput. Dalam kondisi sakit, dirinya tetap terpilih berkat jaringan dan simpul-simpul dukungan yang tetap eksis bekerja dilapangan.

Hal itu tak terlepas dari sikap cermatnya memetakan kantong-kantong suara yang dapat menjadi para loyalisnya. Ia memiliki naluri tinggi dan cermat dalam menggarap ceruk-ceruk dukungan suara pada kelompok masyarakat. Ia faham mana irisan kelompok masyarakat yang dapat Ia jadikan basis.

Pada Pemilu 2024 Marwan Yohanis kembali maju untuk kursi DPRD Riau masih dari Partai Gerindra. Jika terpilih kembali ini merupakan periode ketiganya sebagai legislator di DPRD Riau. Prestasinya akan sama dengan salah seorang politisi senior PPP asal Kuansing H Mursini.

Sebagai politisi Marwan Yohanis tidak langsung tumbuh besar begitu saja. Banyak proses yang dilaluinya. Karir politiknya diawali di DPD Partai Golkar Kabupat?en Inderagiri Hulu. 

Ketika Kuansing dimekarkan, Ia pemegang mandat pembentukan DPD Partai Golkar Kabupaten Kuantan Singingi. Artinya H.Marwan Yohanis S.Sos, M.I.Kom, begitu nama lengkapnya, termasuk salah satu pendiri DPD Partai Golkar Kuantan Singingi. Ia  telah menempuh banyak lika-liku dalam rentang perjalanan karir politiknya. 

Banyak hal yang dapat dibanggakan dari politisi yang dekat dengan Prabowo ini. Ia seorang Magister Imu Komunikasi Politik, sehingga setiap kali berbincang dengan Marwan Yohanis orang akan merasa dekat sekali.  Ia juga  sangat humoris karena Marwan Yohanis adalah adik kandung pelawak nasional Otong Lenon yang cukup tenar di era 80an.

Salah satu catatan bersejarah dalam hidupnya adalah 28 Oktober 2001. Kala itu, Marwan Yohanis menerima penghargaan nasional sebagai Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Tahun 2001. Penghargaan ini diberikan Presiden Megawati Soekarno Putri dalam Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Jakarta tahun 2001 lalu.

Sebagai politisi, Marwan Yohanis sudah dibekali dengan berbagai prestasi. Ia adalah lulusan Lemhanas tahun 2008. Ini setara dengan politisi tingkat nasional.  Ia juga lulusan terbaik Diklat Nasional Anggota DPRD Partai Gerindra dari seluruh Indonesia. Prestasi inilah yang membuat dirinya sangat mampu memegang tampuk kepemimpinan DPD Partai Gerindra Riau hingga 2016.

Prestasi yang dimiliki Marwan Yohanis juga sudah teruji saat dirinya menjadi Ketua DPD Partai Gerindra Riau. Dalam Pilpres tahun 2019 lalu, Marwan Yohanis berhasil memenangkan Capres Prabowo di Bumi Riau. Ia berharap kemenangan yang sama akan terulang lagi dalam Pilpres mendatang. 

“ Saya sangat berharap Prabowo akan menang lagi di Bumi Riau,” kata Marwan

Atas prestasinya di Partai Gerindra, Marwan Yohanis menerima penghargaan Bintang Garudayaksa Kesatria Utama Tahun 2018. Penghargaan ini diberikan Ketua Umum dan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Penghargaan Bintang Garudayaksa Utama termasuk penghargaan tertinggi bagi kader Partai Gerindra.

Dalam pemilu 2024 ini, Marwan Yohanis mencalonkan diri lagi dari Partai Gerindra nomor urut 1. Ia telah bergerak membangun kantong-kantong suara di sejumlah kecamatan di Kabupaten Kuantan Singingi dan Kabupaten Inderagiri Hulu.

Menyimak sosok Marwan Yohanis yang memiliki segudang prestasi, tidak salah kalau pemilih di Kabupaten Kuantan Singingi dan Kabupaten Inderagiri Hulu memberikan suaranya untuk Marwan Yohanis dalam pemilu 14 Februari mendatang. Ia seorang politisi senior dan seorang intelektual yang tak pernah menyombongkan diri. Ia juga sangat dekat dengan masyarakat kelas bawah.

Ia  juga sosok yang mengembangkan kesenian randai Kuantan Singingi. Ia bersama Fahri telah memboyong randai Kuansing ke Taman Ismail Marzuki Jakarta. Lengkap sudah, sebagai politisi, Marwan telah berkecimpung di dunia politik sejak awal reformasi, sebagai intelektual, Marwan seorang Magister Ilmu Komunikasi Politik. Sebagai seniman, Ia telah mengembangkan kesenian randai Kuansing.  Inilah sosok yang paling tepat untuk dipilih dalam pemilu nanti.

“ Tidak sulit. Kalau mau memberikan suara untuk Marwan Yohanis, cari Partai Gerindra di surat suara berwarna biru,  pilih H. Marwan Yohanis S.Sos,M.I.Kom nomor urut 1. Ingat Partai Gerindra nomor urut 1 untuk DPRD Provinsi Riau,” pungkas Marwan Yohanis. ( adv )

Berita Lainnya

Index