Mardianto Manan Undang Plt Gubri Resmikan Balai Adat Cerenti

Mardianto Manan Undang Plt Gubri Resmikan Balai Adat Cerenti
Balai Adat Cerenti berdiri megah setelah dibangun

TELUK KUANTAN – Pembangunan Balai Adat Cerenti  yang telah dinantikan masyarakat disana selama lebih kurang 11 tahun akhirnya selesai. Awal Desember mendatang bangunan yang kelanjutan pembangunannya diinisiasi anggota DPRD Riau, Dr Ir Mardianto bakal diresmikan.

Kamis (16/11/23 ) Mardianto Manan langsung menemui Plt Gubri, Edy Natar untuk hadir langsung meresmkian Balai Adat Cerenti itu. Selain mengundang Plt Gubri,  menurut Mardianto Manan bersama pemangku.kepentingan di Cerenti juga akan menemui Bupati dan Unsur Forkompimda Kuansing untuk hadir diacara tersebut.

“ Alhamdulilah Pak Plt Gubernur telah bersedia hadir memenuhi undangan untuk meresmikan Balai Adat Cerenti. Sekarang tengah mencari waktu yang tepat,’kata Mardianto Manan.

Mardianto Manan mengundang Plt Gubri

Dari hasil pertemuannya dengan Plt Gubri direncanakan peresmian pada tanggal 5 Desember mendatang. Peresmian akan sejalan dengan Subuh Berjemaah Plt Gubri.

“ Selain menghadiri acara Subuh Berjemaah, pak Plt Gubri lanjut meresmkian Balai Adat Cerenti yang telah lama dinantikan warga disana,’kata legislator PAN itu.

Sejak dilantik menjadi anggota dewan pengganti antar waktu ( PAW ) 2020 yang lalu, Mardianto Manan memperjuangkan pembangunan Balai Adat Cerenti. Hal ini merupakan aspirasi tokoh masyarakat Cerenti Adrian Ali dan tokoh yang lain kepada dirinya.

Balat Adat Cerenti Saat Kondisi Terbengkalai

Sebab pembangunan Balai Adat itu terbengkali sejak tahun 2012 atau lebih dari 10 tahun. Kelanjutan pembangunan Balai adat katanya juga telah disetujui oleh seluruh Datuak Nan Barompek dan Urang Onam Boleh di kantor Camat Cerenti.

Datuak Nan Barompek dan Urang Onam Boleh juga dilibatkan saat penyusunan DED dan memberi tunjuk ajar selama pelaksanaan proyek agar berjalan sesuai dengan rencana. Mardianto Manan juga meminta tunjuk ajar kepada mereka untuk persiapan peresmian Balai Adat ini.

Mardianto Manan saat meminta tunjuk ajar Datuak Nan Barompek dan Urang Onam Boleh

Pada tahun 2021, Mardianto Manan meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR)  Provinsi Riau turun kelapangan untuk melakukan opname kondisi bangunan yang terbengkalai yang terletak di desa Kampung Baru Timur.

“ Opname diperlukan untuk menentukan kebutuhan anggaran dan gambar untuk melanjutkannya,”katanya.

Tampak samping Balai Adat Cerenti

Alhasil pada tahun anggara 2022 dirinya mengusulkan  dana untuk DED Balai Adat Cerenti pada APBD Riau. Setelah DED selesai, Mardianto Manan kemudian mengusulkan dana pembanunan fisik Rp2.8 Milyar pada tahun 2023.

“ Alhamdulilah setelah menunggu 3 tahun pembangunannya telah selesai tahun 2023. Semoga ini membawa keberkahan dalam pelesatrian adat istiadat didaerah Kita khususnya di Cerenti,’kata Mardianto Mana.

Mardianto Manan juga berharap bangunan tersebut dapat dijaga dan dirawat sebaiknya, dan dimanfaatkan utnuk melestarikan adat istiadat. (nto)

Berita Lainnya

Index