'Hilangnya' Gibran Saat Dideklarasikan Jadi Cawapres Prabowo

'Hilangnya' Gibran Saat Dideklarasikan Jadi Cawapres Prabowo
Prabowo-dan-Gibran2.jpg ( Instagram/prabowo)

JAKARTA  - Gibran Rakabuming Raka tidak  nampak saat dideklarasikan sebagai cawapres Prabowo Subianto di Jakarta pada Minggu (22/10/23) malam. Hal ini menjadi tanda tanya bagi sejumlah pihak.

Ketua Umum Gerindra sekaligus bakal capres dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo mengungkap alasan "hilangnya" Gibran saat deklarasi itu.

"Ada rapat, kalau enggak salah (terkait pembahasan) APBD,” kata Prabowo menjawab pertanyaan wartawan saat dia ditemui di luar kediamannya, Jalan Kertanegara No. 4, Jakarta, Senin (23/10/23).

Namun, Prabowo tidak menjelaskan lebih lanjut terkait ketidakhadiran bakal cawapresnya itu.

Putra sulung Presiden Jokowi itu resmi diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebagai bakal cawapres untuk berpasangan dengan bakal capres Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Prabowo, selepas rapat dengan ketua umum partai dan sekretaris jenderal partai anggota Koalisi Indonesia Maju di rumahnya, Jakarta, Minggu malam, mengumumkan nama Gibran diputuskan secara aklamasi.

Ia menyebut KIM akan mendaftarkan pasangan Prabowo-Gibran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari terakhir pendaftaran bakal capres-cawapres, Rabu, 25 Oktober 2023.

Sayangnya, Gibran tak terlihat di lokasi deklarasi. Sejumlah elite partai anggota Koalisi, di antaranya Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut dia tidak hadir karena sesi rapat, yang mengawali deklarasi, diperuntukkan kepada ketua umum (ketum) dan sekjen partai anggota Koalisi Indonesia Maju.

“Malam ini adalah rapat ketum-ketum Koalisi Indonesia Maju sehingga yang hadir adalah para ketum dan sekjen partai koalisi,” kata Dasco.

Wali Kota Surakarta yang masih tercatat sebagai kader PDIP itu pada Minggu pagi masih berada di Jakarta. Ia menyambangi kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Jalan Prapanca No. 10 Jakarta.

Namun selepas pertemuan, Kepala Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) Partai Demokrat Herman Khaeron mengatakan bahwa Gibran bertolak ke Surakarta, Jawa Tengah, selepas bertemu AHY.

“(Gibran) silaturahim dan sarapan pagi karena Mas Gibran itu mau ke Solo sehingga mampir dulu bertemu dengan Ketum (Ketua Umum) AHY di sini bersilaturahmi,” kata Herman.

Tidak hanya AHY, Gibran pada Sabtu, 21 Oktober 2023, juga menyambangi rumah dinas Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan di Kompleks Menteri Widya Chandra IV/16 sebagaimana dilansir dari Suara.com. ( ktc)

Berita Lainnya

Index