Bukan Gelar Akademik, Ada Cerita Unik Dari MD Di Belakang Nama Mahfud

Bukan Gelar Akademik, Ada Cerita Unik Dari MD Di Belakang Nama Mahfud
Mahfud MD

JAKARTA  - Mahfud MD terlahir dengan nama Mohammad Mahfud. Lantas, bagaimana pria yang baru saja diresmikan sebagai cawapres Ganjar Pranowo itu memiliki nama Mahfud MD?

Usut punya usut, ternyat MD di belakang nama Menko Polhukam itu bukan gelar akademik. Sementara gelar Mahfud yakni Prof. Dr. H. Mohammad Mahfud Mahmodin, S.H., S.U., M.I.P

Ternyata ada cerita unik di balik nama belakang mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Indonesia ini. Siapa sangka? MD di belakang nama Mahfud ternyata singkatan dari nama ayahnya, Mahmmodin.

Dalam akun Twitternya yang kini X, Mahfud pada 2019 pernah bercerita tentang nama sang ayah dibelakang namanya.

Diceritakannya, MD dalam namanya tercipta saat dirinya menjalani pendidikan di Pamekasan. Kala itu siswa lain juga ada yang memiliki nama Mahfud.

Satu di antara guru sekolah Mahfud, bernama Asbun Asnawi, lalu memberikan sebutan di belakang nama siswanya, yakni Mahfud A dan Mahfud B.

Guru-guru sekolah itu lantas mencanangkan bahwa kedua pemilik nama Mahfud ini sebaiknya diberi nama ayah dibelakang namanya.

"Mahfud A" menjadi Mahfud Musyaffa sedangkan "Mahfud B" menjadi Mahfud Mahmodin. Hingga dari sanalah namanya mulai berubah," kata Mahfud di Twitter-nya,  Rabu (18/10/23).

Seiring waktu, ayah Mahfud kemudian mengganti namanya saat diangkat jadi PNS. Sang ayah yang awalnya bernama Mahmodin berganti jadi Emmo Prawirotroemo.

Meski begitu, Mahfud tetap mempertahankan MD di belakang namanya. Kini nama lengkapnya menjadi Mohammad Mahfud Mahmodin.

Dalam perkembangannya, nama Mahmodin tersebut disingkat menjadi MD dalam nama Mahfud MD sampai kita kenal saat ini melansir Riauonline yang mengutip Suara.com. ( ktc )

Berita Lainnya

Index