Golongan Darah O Tidak Boleh Minum Kopi, Benarkah? Ini Penjelasan Ahli

Golongan Darah O Tidak Boleh Minum Kopi, Benarkah? Ini Penjelasan Ahli
Ilustrasi Foto Biji Kopi (iStockphoto)

JAKARTA  - Mengonsumsi kopi bagi sebagian besar orang wajib dilakukan sebelum melakukan aktivitas harian mereka. Minum kopi memiliki sejumlah manfaat mulai dari meningkatkan fokus sampai menjaga kadar gula darah.

Namun sejumlah orang dengan golongan darah tertentu disebut harus membatasi minum kopi. Orang dengan golongan darah O juga disarankan tak terlalu banyak minum kopi karena bisa memicu pengentalan darah.

Faktanya, Prof dr Zubairi Djoerban, SpPD-KHOM, spesialis penyakit dalam subspesialis hematologi onkologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) menyebut belum ada penelitian yang menunjukkan keterkaitan antara golongan darah O dan risiko pengentalan darah saat minum kopi.

"Memang ada saran untuk yang memiliki golongan darah O agar mengurangi konsumsi kopi. Tapi alasannya bukan karena risiko pengentalan darah, lebih kepada kemungkinan menjadi 'deg-degan'," terangnya dikutip dari laman X pribadinya atas izin yang bersangkutan, Minggu (1/10/23).

Prof Zubairi menambahkan dalam sebuah jurnal yang terbit di National Library of Medicine menemukan bahwa dengan mengonsumsi kopi maka risiko mengalami trombosis vena 30 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak. Penelitian ini dilakukan kepada seluruh golongan darah.

Risiko pengentalan darah juga disebut lebih tinggi pada orang dengan golongan darah A dan B dibandingkan mereka yang memiliki golongan darah O.

"Sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa orang dengan golongan darah O yang minum kopi akan lebih mudah mengalami pembekuan atau pengentalan darah,"

Sebaliknya, menurut Prof Zubairi, ada penelitian yang mengungkap bahwa orang dengan golongan darah O justru lebih sulit mengalami pembekuan atau hiperkoagulasi dan lebih sukar terjadi trombosis.

"Artinya kemungkinan untuk memiliki stroke dan (penyakit) jantung menjadi berkurang," tandasnya sebagaimana dilansir dari Detik.com. ( ktc )

Berita Lainnya

Index