Heboh Flyover Jalan Sudirman Pekanbaru Retak, Cek Faktanya

Heboh Flyover Jalan Sudirman Pekanbaru Retak, Cek Faktanya
Dok Cakaplah

PEKANBARU  - Beredar foto jembatan layang (flyover) Jalan Sudirman - Simpang Harapan Raya, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau retak.

Foto-foto jembatan retak tersebut beredar di media sosial sejak kematen.

Terkait informasi itu, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau bersama Forum LLAJ dan Satlantas Polresta Pekanbaru turun ke lokasi, Jumat (8/9/2023) pagi.

Hal itu untuk memastikan kebenaran informasi yang menyatakan flyover tersebut retak. Dari hasil tinjauan tersebut, Dinas PUPR-PKPP Riau memastikan bahwa kontruksi flyover tidak ada masalah.

"Kami baru saja turun mengecek informasi yang mengatakan flyover Jalan Sudirman- Simpang Harapan Raya Pekanbaru retak. Setelah dicek, itu yang retak ternyata plesternya," kata Kepala Dinas PUPR-PKPP Riau, M Arief Setiawan.

Arief Setiawan menjelaskan, plesteran yang retak adalah plesteran lama bekas ukiran selembayung flyover yang sempat di lepas karena membahayakan pengendara di bawah flyover.

"Dulu kan ada ukuran selembayung di flyover di lepas karena sering jatuh, dan itu diplester. Nah, sekarang plesteran itu yang retak dan pecah," terangnya.

Dia menyampaikan, memang antara girder dengan abutment dengan jembatan itu ada rongga, dan itu bukan retak. Hal itu agar ada ruang gerakan pada jembatan.

"Terhadap ini kita akan melakukan perapian plesteran yang lepas. Jadi masyarakat mengira ini tidak kuat (retak). Tapi saya pastikan jembatan flyover aman untuk dilewati karena tidak ada masalah pada kontruksi," tukasnya seperti dilansir dari cakaplah.com. ( ktc)

Berita Lainnya

Index