Indonesia Kalah dalam Adu Penalti, Shin Tae-yong Sindir Kepemimpinan Wasit

Indonesia Kalah dalam Adu Penalti, Shin Tae-yong Sindir Kepemimpinan Wasit
Fhoto : Jawapos.com/Riaupos.com/PSSI

 RAYONG– Timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Vietnam U-23 di final Piala AFF U-23 2023. Garuda Muda (julukan Timnas U-23) takluk lewat adu penalti 6-5 (0-0) di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Sabtu (26/8/23) malam. 

Kedua tim sebenarnya memiliki peluang sama besar untuk meraih kemenangan. Bahkan, beberapa peluang tercipta sejak menit awal pertandingan.

 Pada menit ke-12, misalnya. Aksi ‘solo run’ Beckham Putra mampu melewati empat pemain Vietnam, tapi Beckham gagal melepaskan tembakan akurat dan melebar di sisi kanan gawang Vietnam. 

Umpan silang dari Haykal di sisi kanan juga gagal dijangkau oleh Abdulrahman pada menit ke-17. Garuda Muda terus menekan Vietnam, hasilnya pada menit ke-19 sepakan kaki kiri dari Dewangga masih mampu di blok oleh pertahanan Vietnam.

Pada menit ke-25, Indonesia memperoleh peluang melalui tendangan bebas setelah Beckham Putra dihentikan pemain Vietnam Nguyen Ngoc Thang. Namun, sepakan Rifky yang mengincar tiang dekat mampu ditangkis kiper Vietnam, Quan Van Chuan. 

Vietnam memperoleh peluang emas pada menit ke-30 seusai tembakan gelandang Nguyen Minh Quang membentur tiang gawang. Nguyen Minh Quang yang mencoba mengejar bola liar dijegal oleh Dewangga di dalam kotak penalti. Sepakan penalti Nguyen Quoc Viet mampu ditangkis dengan mudah oleh penjaga gawang Ernando Ari. 

Tim asuhan pelatih Shin Tae-yong terus mendikte permainan melalui serangan-serangan di dua lini sektor sayap. Namun hingga peluit akhir babak pertama berbunyi skor bertahan 0-0. 

Skuad Garuda Muda Matangkan Taktik Pada awal babak kedua, skuad Garuda Muda terus melakukan serangan walau Vietnam sempat mendominasi jalannya pertandingan. Mereka sempat mengancam gawang Ernando, walau mampu digagalkan. 

Indonesia sebenarnya memiliki peluang mencetak gol lewat tendangan bebas pada menit ke-75, namun upayanya masih digagalkan mistar gawang. Hingga akhir pertandingan babak kedua, pertandingan masih bermain sama kuat tanpa gol.

 Fakta itu pula yang membuat pertandingan harus dilalui lewat perpanjangan waktu hingga adu penalti. 

Sayang, bagi Indonesia karena Ernando yang menjadi eksekutor keenam gagal menjalankan tugas. Sementara semua pemain Vietnam berhasil menjebol gawangnya di titik putih. Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, memberikan selamat kepada semua pemain atas kerja keras di partai final, terutama timnas Indonesia yang tampil penuh semangat.

 Pelatih asal Korea Selatan itu tak menepis semua bekerja keras. Namun, mantan pelatih timnas Korea Selatan itu menyesali kepemimpinan wasit asal Jepang Hiroki Kasahara. 

“Saya kecewa dengan kepemimpinan wasit, dan saya tak perlu menjelaskan secara rinci bagian mana. Anda mungkin bisa melihatnya lewat tayangan ulang,” ungkap Shin Tae-yong. Sumber: Jawapos.com/Riaupos.co )

Berita Lainnya

Index