Warga Pekanbaru Lebih Dulu Nikmati Berobat Gratis Program UHC, 200 Orang Sudah Terlayani

Warga Pekanbaru Lebih Dulu  Nikmati Berobat Gratis Program UHC, 200 Orang  Sudah Terlayani
SekdaPekanbaru Indra Pomi Nasution. Fhoto CAKAPLAH

PEKANBARU  - Sejak dilaunching pada 28 Juli 2023 lalu, program Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah (JKPB) atau yang lebih dikenal dengan Universal Health Coverage (UHC) sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan sudah ada sekitar 200 an orang yang memanfaatkan program tersebut.

"Laporan minggu lalu sudah sekitar 200 an orang yang memanfaatkan program tersebut," ujar Indra Pomi Nasution, Selasa (15/8/23).

Ia mengatakan jumlah tersebut terdiri dari cek ke Puskesmas, cek ke sarana rumah sakit, dan lain-lain.

"Dan semua itu sudah dilayani. Memang ada yang dirujuk (ke rumah sakit lanjutan), tapi jumlahnya sedikit. Paling hanya sekitar 10 persen saja," cakapnya.

Disampaikan Indra lagi, hingga saat ini tidak ada keluhan soal UHC. Kendala juga sampai saat ini belum ada yang melapor seperti tidak dilayani dan lain sebagainya.

"Karena sebelum dilaunching kita sudah kumpulin semua seluruh kepala rumah sakit, seluruh kepala Puskesmas, tak ada alasan mereka untuk menolak," ungkapnya.

Apalagi pihaknya juga mempunyai yang namanya tim Quick respon. Tim ini terdiri dari Pemko, Disdukcapil, BPJS Kesehatan dan termasuk juga seluruh admin rumah sakit yang ada di Pekanbaru ini.

"Jadi kalau ada orang sakit, dirawat dulu, jangan ditolak. 3x24 jam harus kita selesaikan administrasi nya," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun secara resmi melaunching program Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah atau yang lebih dikenal dengan program Universal Health Coverage (UHC) di RSD Madani, Jumat (28/7/23).

Dengan program itu masyarakat Pekanbaru cukup dengan menggunakan KTP saat berobat di layanan kesehatan yang ada di Pekanbaru. Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah ini berlaku untuk semua warga Pekanbaru.

"Hari ini Pemerintah Kota secara resmi melaunching Program Jaminan kesehatan Pekanbaru Bertuah atau program UHC. Tentu ini sangat kita apresiasi, khususnya kepada untuk tim percepatan UHC," ujar Muflihun usai melaunching program UHC, Jumat (28/7/23).

Ia mengatakan Pemerintah sudah berkomitmen agar pelayanan dasar kesehatan ini bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat.

"Kemarin di bulan Januari kita sudah launching dokter on call dan hari ne kita melaunching program UHC yang juga program berobat gratis hanya dengan menggunakan KTP," Cakapnya.

Disampaikan Muflihun, ini adalah bukti nyata Forkopimda Pekanbaru dalam mensuport dan mendukung sepenuhnya program pemerintah pusat.

"Tentu harapan kedepan dengan dilaunching ini bisa menjadi motivasi dan semangat warga Pekanbaru untuk nantinya bersama berjalan dengan Pemko Pekanbaru.

Pemerintah sudah menyiapkan semua sarana prasarana, termasuk hari ini untuk sarana kesehatan. Kedepan mohon kepada masyarakat untuk mendukung program-program dari Pemko Pekanbaru," Cakapnya.

Dikatakan Muflihun, pihaknya telah membuat buku panduan terkait layanan apa saja yang dicover oleh program UHC. Brosur ini akan diperbanyak dan akan disampaikan ke masyarakat melalui camat lurah RT/RW dan juga Puskesmas.

"Kita sampaikan kepada Puskesmas dan rumah sakit agar program UHC ini bisa terlaksana dengan baik di puskesmas dan rumah sakit. Kita harapkan masyarakat bisa terlayani dengan baik," sebutnya.( sumber : CAKAPLAH)

Berita Lainnya

Index