Lewat Program 1 Rumah 1 Sarjana, Baznas Riau Buka Penerimaan Beasiswa

Lewat Program 1 Rumah 1 Sarjana, Baznas Riau Buka Penerimaan Beasiswa
Mariadi Hasan. fhoto riaupos.co

PEKANBARU - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau membuka pendaftaran beasiswa untuk putra putri di Provinsi Riau. Program dari Baznas Riau untuk pendidikan ini ada dua jenis yang pertama beasiswa Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS) atau untuk masyarakat tidak mampu dan prestasi. Kedua, bantuan penelitian ziswaf atau bantuan program mahasiswa akhir. 

Melansir RIAUPOS.Co.id Ketua Baznas Provinsi Riau Masriadi Hasan mengatakan, beasiswa SKSS tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa yang berada di tingkat S1 (sarjana). Sedangkan bagi mahasiswa S2 (magister), dan S3 (doktor) pada perguruan tinggi diarahkan kepada bantuan penelitian. 

“Program ini tujuannya yakni untuk meng-cover masyarakat yang tidak dapat bantuan dari Pemprov Riau melalui Biro Kesra. Karena kami inikan bagian dari mitra pemerintah,” katanya.

 Lebih lanjut dikatakannya, dana yang digunakan untuk pemberian bantuan dan beasiswa ini bukan dari anggaran APBD maupun APBN. Melainkan dana pengumpulan zakat dari masyarakat dan pegawai Pemerintah Provinsi Riau.

 “Anggaran program ini murni dari zakat, termasuk zakat dari pegawai Pemerintah Provinsi Riau yang bisa dibilang ini tergolong besar,” jelasnya.

 Masriadi mengharapkan, dengan adanya beasiswa dan bantuan terhadap putra putri di Provinsi Riau ini bisa dapat membentuk sumber daya manusia yang berkualitas di masa yang akan datang. 

“Diharapkan juga, ini nanti akan berdampak besar kepada Provinsi Riau dengan terdidiknya anak-anak kita di level sudah mapan untuk kehidupan mereka dimasa yang akan datang,” sebutnya. 

Adapun ketentuannya untuk beasiswa SKSS yaitu, beragama Islam, belum ada keluarga inti yang sarjana, diutamakan berasal dari daerah 3 T atau terdepan, terluar dan tertinggal, berasal dari keluarga tidak mampu. 

Kemudian, mahasiswa aktif D4/S1 maksimal semester 2, akreditasi PTN/PTS minimal B, mengisi form pendaftaran dan menyerahkan berkas pendaftaran dan mengikuti semua sosial media Baznas Provinsi Riau. 

Sedangkan bantuan penelitian ketentuan umumya beragama Islam, sedang menyusun tugas akhir, penelitian tentang zakat, infak, sedekah dan judul penelitian sudah harus di setujui. 

Lalu, berasal dari PTN/PTS yang terakreditasi, mengisi form pendaftaran dan menyerahkan berkas pendaftaran, dan mengikuti semua sosial media Baznas Provinsi Riau.

 Untuk tahapan seleksi, Baznas Riau menetapkan pendaftaran mulai dari 29 Mei hingga 12 Juni setelah itu masuk di fase verifikasi data pada tanggal 13-15 Juni. Penguman lulus administrasi 16 Juni 2023. Setelah dinyatakan lulus administrasi, dilanjutkan ujian akademisi dan wawancara 20-22 Juni. Pengumuman penerima beasiswa pada 26 Juni 2023. (***)

Berita Lainnya

Index