1 Juni, 239 CJH Kuansing Berangkat ke Tanah Suci

1 Juni, 239 CJH Kuansing Berangkat ke Tanah Suci
Sarpeli

TELUK KUANTAN--Sebanyak 239 calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Kuantan Singingi bakal diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah untuk menunaikan ibadah haji tanggal 1 Juni mendatang.

"CJH Kuansing yang dipastikan berangkat 239 orang. Jumlah itu dibagi dalam dua kloter," kata Kasi Haji dan Umrah Kemenag Kuansing H Sarpeli, Jumat (19/5) di ruang kerjanya.

Jumlah itu kata Sarpeli, dibagi dalam dua kloter, yakni 225 jamaah masuk kloter 13 dan 14 orang sisanya masuk kloter 14 Embarkasi Batam.

"Jumlah itu belum masuk kouta tambahan sebanyak 47 orang," kata H Sarpeli.

Sarpeli menerangkan menurut jadwal bahwa CJH Kuansing diberangkatkan dari Kuansing ke Embarkasi Antara di Pekanbaru tanggal 31 Mei. Kemudian jamaah menginap satu malam di Embarkasi Antara di Kota Pekanbaru.

"CJH kemudian diberangkatkan ke Embarkasi Batam tanggal 1 Juni pukul 12.00 WIB. Di Embarkasi Batam jamaah transit sekira empat jam," katanya.

Menurut jadwal lanjut Sarpeli, sebanyak 225 CJH Kuansing yang masuk kloter 13 diberangkatkan ke Madinah pukul 17.00 WIB. Sementara 14 CJH Kuansing diberangkatkan satu hari setelahnya.

"Sebanyak 14 CJH kita masuk kloter 14 Embarkasi Batam. Mereka gabung dengan CJH Kampar, Bengkalis, Inhu, Inhil dan Rohul," ungkapnya.

Sementara kata Sarpeli, penambahan kuota ketiga sebanyak 47 CJH saat ini masih proses pelunasan Bipih. Ia meminta jamaah yang masuk kouta cadangan ketiga agar segera melunasi Bipih.

"Tapi banyak warga yang menyatakan tak berangkat karena faktor ekonomi, sakit dan lain-lain. Termasuk alasan berbeda kloter," katanya.

Saat ini, kata Sarpeli, ratusan CJH mengikuti manasik haji baik tingkat kecamatan dan kabupaten. Ia melaporkan, seluruh jamaah yang akan berangkat dalam kondisi sehat.

"Insya Allah, semua jamaah diberikan kesehatan dan kelancaran saat menjalani ibadah haji dan menyandang haji mabrur," harapnya.( ms)

Berita Lainnya

Index