Pendayung Kuansing Maizir Raih Emas Kedua Untuk Kontingen Indonesia Diajang Sea Games 2023

Pendayung Kuansing Maizir Raih Emas Kedua Untuk Kontingen Indonesia Diajang Sea Games 2023
Maizir Riyondra. ( int )

PEKANBARU – Pedayung Riau Maizir Riyondra kembali meraih medali emas SEA Games 2023 di hari ulang tahunnya, Selasa (16/5). Emas kedua tersebut diraih di cabang dayung nomor dragon boat 10 pedayung jarak 800 meter. 

Melansir RIAUPOS.CO, sebelumnya, atlet kelahiran Desa Kinali, Lubuk Jambi, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) pada 16 Mei 1992 ini telah meraih satu medali emas di dragon boat 10 pedayung jarak 500 meter. 

Maizir dan rekan-rekannya berhasil mencatatkan waktu tercepat dengan catatan waktu 4 menit 31 detik mengalahkan Myanmar dengan catatan 3 menit 41 detik, dan tuan rumah Kamboja dengan catatan waktu 3 menit 46 detik yang meraih perak dan perunggu. 

Saat dikonfirmasi, Maizir Riyondra mengungkapkan sulitnya perjuangannya bersama tim meraih emas di nomor 800 meter ini karena tantangannya adalah ombak dan melawan arus. 

“Alhamdulillah sangat puas. Ini sesuai dengan target agar bisa menjadi patokan dalam mengikuti ASEAN Games nanti yang lebih berat persaingannya,” ujar Maizir. 

Seusai SEA Games ini, dirinya bersiap untuk mengikuti ajang selanjutnya yaitu di ASEAN Games. “Medali emas ini akan dipersembahkan untuk diri saya sendiri, keluarga, istri, dan anak-anak saya. Kebetulan hari ini (kemarin, red) saya ulang tahun,” ungkapnya. Ucapan selamat pun disampaikan, Sekdaprov Riau SF Hariyanto yang juga ketua Persatuan Olahraga Dayung Indonesia (PODSI) Riau. ‘’Alhamdulilah dan terima kasih atas kerja keras tim dayung Indonesia yang berhasil menyumbangkan dua medali emas. Apalagi salah satu putra terbaik Riau Maizir ikut membela timnas Indonesia. Saya ucapkan selamat buat Maizir Riyondra. Mudah-mudahan prestasi ini bisa dipertahankan, terutama bagi atlet Dayung Riau Maizir,” ujar SF Hariyanto

Sementara itu, Ketua Umum KONI Riau Iskandar Hoesin juga memberikan apresiasi. Apalagi, tradisi Riau menjadi gudang atlet dayung dan penyumbang media emas bagi Indonesia tidak terputus. “Alhamdulillah, tradisi pedayung kita sebagai penyumbang medali emas di setiap iven Internasional terus berlanjut,’’ ujarnya. 

‘’Ini membuktikan program latihan dan pembinaan dari atlet dayung kita berjalan dengan baik. Selamat bagi seluruh atlet Riau yang telah meraih prestasi membawa nama Indonesia dan Riau khususnya harum di SEA Games,” tambahnya. 

Dengan tambahan emas kedua Maizir ini, maka atlet Riau telah menyumbangkan lima meraih emas buat Indonesia di SEA Games tahun ini. 

Sebelumnya, Muhammad Hafiz ikut menyumbang emas di sepaktakraw nomor men’s double team, Venny Lim di esports nomor mobile legends bang bang (MLBB) putri, dan Nanda Rizana di esports nomor valorant.

Selain emas, atlet Riau juga menyumbangkan satu perak buat Indonesia di SEA Games kali ini. Perak tersebut dipersembahkan Abiyu Raffi di senam artistik putra nomor palang tunggal putra. (***)

Berita Lainnya

Index