Cegah Kematian Berlanjut 745 Ekor Ternak Divaksin, Peternak Ucapkan Terimakasih Ke Mardianto Manan

Cegah Kematian Berlanjut 745 Ekor Ternak Divaksin, Peternak Ucapkan Terimakasih Ke Mardianto Manan
Mardianto Manan tinjau vaksinasi ternak di desa Tanah Bekali

TELUK KUANTAN – 745 ekor ternak meliputi kerbau dan sapi yang ada dikecamatan Pangean mulai divaksin, Senin ( 15/5/23). Upaya ini untuk mencegah kematian ternak pasca merebaknya penyakit penyakit Septicemia Epizootica (SE).

Septicemia epizootica atau ngorok adalah suatu penyakit infeksi akut atau menahun pada sapi dan kerbau yang terjadi secara septikemik. Penyakit ini terjadi juga pada jenis ternak yang lain seperti pada onta, kambing, domba, babi dan kuda. Akibat serangan penyakit SE sekitar 164 hewan ternak di Kuansing mati mendadak belum lama ini.

Para peternak dikecamatan Pangean menyampaikan terimakasih kepada anggota DPRD Riau, Mardianto Manan yang mendesak Disnak Riau serta Dinas Peternakan dan Perkebunan Kuansing turun tangan melaksanakan vasksinasi khususnya dikecamatan Pangean yang digelar secara massal.

“ Terimakasih pada pak Mardianto Manan sehingga pada hari ini ternak sapi dan kerbau Kami divaksin,”ujar Ketua Kelompok Peternak Koto Buruak Desa Tanah Bekali, Pedri.

Dirinya dan peternak khawatir jika tidak segera mendapat vaksin serangan penyatkit SE akan semakin ganas dan merugikan mereka.

“ Ternak sapi dan kerbau sudah susah payah dibesarkan peternak. Kalau mati mendadak merugikan Kami,”ujarnya. 

Ia mengapresaisi kegigihan Mardianto Manan mendorong Dinas Peternakan Riau mengirimkan vaksin ke Kuansing dan menggerakan instansi terkait di Kuansing segera melaksanakan vaksin sehingga dapat mencegah serangan penyakuit SE pada ternak mereka berlanjut.

Camat Pangean, Mahviyen Trikon Putra juga menyampaikan terimakasih pada Mardianto Manan dan Pemprov Riau sehingga terlaksana vaksinasi tersebut. Hal ini dapat mencegah kerugian lebih besar bagi peternak akibat kematian hewan karena serangan penyakit SE tersebut.

Sebab hewan ternak selama ini menjadi salah satu sumber pendapatan bagi warga Pangean khususnya mereka yang memelihara hewan ternak besar.

Sementara Mardianto Manan menyampaikan, Dinas Peternakan Riau telah menyalurkan 5 ribu vaksin untuk mencegah serangan penyakit SE yang menimpa hewan ternak di Kuansing

Dari data yang diterimanya khusus  dikecamatan Pangean akan dilaksanakan vaksinasi terhadap 745 ekor ternak besar.

745 ekor itu terdapat di desa Tanah Bekali sebanyak 250 ekor, di desa Pembatang sebanyak 100 ekor, di desa Rawang Binjai sebanyak 20 ekor, di desa Pulau Tengah sebanyak 45 ekor dan  di desa Pauh Angit Hulu sebanyak 150 ekor.

Mardianto Manan juga menyebut vaksinasi serupa akan dilaksanakan pada desa setiap kecamatan di Kuansing yang telah terkena serangan dan rawan terancam serangan penyakit SE.

Mardianto Manan sendiri langsung meninjau pelaksanaan vaksinasi di desa Tanah Bekali didampingi Camat Pangean Mahviyen Trikon Putra, Kapolsek dan pejabat terkait lainnya.

Vaksinasi dikecamatan Pangean ini dilaksanakan lansgung petugas terkait masing-masing  Drh. Zulharianto, Alis Suhardi,SP, Kadrida Eko Putra,S.Pt dan Zulfikar,S.Pt serta Eko Sasdinur Umar,SP. ( adv )

Berita Lainnya

Index