Kemajuan Wisata Kabupaten Siak, Tembus 100 Ribu Wisatawan dalam 3 Hari Libur Lebaran

Kemajuan Wisata Kabupaten Siak, Tembus 100 Ribu Wisatawan dalam 3 Hari Libur Lebaran
Wisatawan di Siak saat libur lebaran 1444 H

SIAK - Di luar prediksi, jumlah kunjungan wisata ke sejumlah destinasi yang ada di Kabupaten Siak meroket pada libur Lebaran 1444 Hijriah atau 2023. Dalam tiga hari, terhitung dari tanggal 23-25 April, jumlahnya mencapai 100 ribu orang. 
 

Melansir CAKAPLAH.COM  Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Siak, Tekad Perbatas Setia Dewa melalui Kepala Bidang Destinasi Wisata, Paula Chandra mengatakan jumlah ini meningkat drastis dibanding tahun lalu hanya 58 ribu, itu pun dihitung dalam waktu 6 hari. 

Dari data sementara, Dispar Siak mencatat kunjungan wisatawan pada 23 April mencapai 25.963 orang, berikutnya membludak hingga 45.590 orang dan 25 April sebanyak 25.321 orang. 

"Itu belum semua data masuk, masih ada beberapa destinasi wisata yang kami belum update," cakap Paul dikonfirmasi, Rabu (26/4/2023). 

Dia menambahkan, dari sekian destinasi wisata yang ada Skywalk Tengku Buang Asmara (TBA) di Kecamatan Mempura menjadi primadona bagi wisatawan dari dalam dan luar daerah. 

"Untuk Skywalk saja, hari kedua lebaran pagi sampai sore yang terhitung saja terjual 5 ribu tiket, sampai dengan hari keempat lebaran jumlah pengunjung di Skywalk terus bertambah," kata Paul.

Pengelola destinasi Skywalk TBA sempat kewalahan menghadapi ribuan pengunjung yang ingin naik ke jembatan kaca itu. Petugas terus mengimbau pengunjung agar tertib saat berada di atas Skywalk. 

"Sempat kewalahan mengatur ribuan pengunjung yang antrian di meja tiket, dan di pintu masuk. Kami sampai menggunakan pengeras suara mengatur pengunjung tidak berlama-lama di atas jembatan kaca, kalau untuk dibatasi juga sulit," katanya. 

Dikatakannya, bagi pengunjung Skywalk memiliki keunikan tersendiri sehingga tertarik untuk menjajalnya. pengunjung dapat melintas di jembatan pejalan kaki di atas sungai Siak tepat di seberang Istana Siak. Apalagi jika dikunjungi saat malam, pengunjung disuguhkan dengan dancing light di Skywalk yang tentunya menarik dan instagramable. 

Bupati dan Wakil Bupati Siak juga langsung memonitor situasi di Skywalk TBA pada malam H+4 libur lebaran dan sempat menyapa pelaku UMKM setempat. 

Bupati Siak Alfedri senang melihat Skywalk TBA diserbu pengunjung, menurutnya ini semacam efek domino adanya destinasi baru itu bagi masyarakat di Kecamatan Mempura. Banyak masyarakat yang panen rezeki dalam momen tersebut, mulai dari pelaku UMKM sampai pemuda setempat juga mendapat berkah dari pengunjung di Skywalk. 

"Alhamdulillah tentunya kita berharap ini akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Dan kita upayakan promosi ke depan lebih digalakkan supaya Siak bisa menjadi tujuan utama berwisata. Ya semoga dengan ini Siak lebih terkenal lagi," kata Alfedri. 

Begitu pula Wakil Bupati Siak, Husni Merza menyampaikan sejumlah titik destinasi yang ada di Siak seperti Istana Siak, Makam Sultan Syarif Kasim II, Water Front City dan sebagainya termasuk Skywalk diserbu pengunjung.

"Dengan bergeraknya tempat wisata di Siak kita menginginkan terjadinya pertumbuhan ekonomi di masyarakat, menciptakan lapangan pekerjaan baru dan lainnya. Saya juga ingin produk-produk unggulan di Siak juga terkenal sampai ke luar daerah," katanya. 

Untuk mengelola sejumlah destinasi wisata yang tersebar, Pemerintah Kabupaten Siak juga membentuk tim koordinasi yang melibatkan beberapa instansi seperti Dispar, Dinas PU Tarukim, Dishub, Satpol PP, BPBD dan Diskop UMKM, TNI dan Polri sebagai pengelola sekaligus pengamanan di tempat wisata.( ***)

Berita Lainnya

Index