Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Pacu Jalur Baserah Digelar 12-14 Agustus

Sabtu,01 Juni 2013 | 01:57:00   Dibaca: 789 kali
Pacu Jalur Baserah Digelar 12-14 Agustus
Ket Foto : Pacu Jalur Baserah di Tepian Lubuak Sobae. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Seperti biasanya, warga kecamatan Kuantan Hilir dan Kuantan Hilir bekerjasama dengan pemerintah kecamatan setempat akan melaksanakan pacu jalur Baserah. Pacu Jalur Baserah merupakan salah satu pacu jalur besar di Kuansing disamping di Teluk Kuantan dan dan Lubuk Jambi.

Setiap pelaksanaan pacu jalur di tiga kawasan ini selalu dihadiri banyak utusan jalur dari berbagai kecamatan, bahkan sejak lama 3 daerah ini menjadi barometer pelaksanaan pacu jalur di kawasan hulu sungai Kuantan ( Lubuk Jambi ), tengah sungai Kuantan ( Teluk Kuantan ) dan hilir sungai Kuantan ( Baserah ).
Camat Kuantan Hilir, Drs Masran Abdullah yang dihubungi, Sabtu ( 1/6 ) siang mengakui tahun ini, pacu jalur Baserah tetap diadakan yang merupakan kerjasama masyarakat dan kecamatan. Sebenarnya kata Masran pacu resmi rayon kecamatan yang dilaksanakan Pemkab dipusatkan di kecamatan Inuman.
" Ini agenda tahunan antara masyarakat dengan pemerintah kecamatan Kuantan Hilir, walaupun pacu jalur rayon I yang meliputi kecamatan Cerenti, Inuman, Kuantan Hilir dan Kuantan Hilir Seberang tidak dipusatkan di Baserah, namun pacu jalur Baserah akan dilaksanakan,"ujar Masran Abdullah.
Sesuai dengan pertemuan awal bersama panitia ujarnya, pacu jalur Baserah rencananya dilaksanakan pada tanggal 12 - 14 Agustus mendatang, atau sesudah hari raya Idul Fitri tahun 2013 ini.
" Pacu jalur Baserah diadakan secara swadaya setiap tahun oleh masyarakat bekejsama dengan pemerintah kecamatan, karena memang sudah dilakukan sejak lama, bahkan sudah ada panitia yang diketuai Pak Yunizar,"ujarnya. ( isa )

 


Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus