Peserta yang mendaftarkan batu akik mereka ke Panpel di Kuansing Sport Centre Stadion. ( ktc )

Membludak, Diprediksi Capai 800 Batu Akik Didaftarkan Jelang Penutupan, Sekda Daftarkan 5 Batu

Rabu,18 Februari 2015 - 05:37:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

 

TELUK KUANTAN – Dua hari jelang digelarnya kontes batu akik yang digagas Dinas Pariwisata Kebudayaan dan  Pemuda Olahraga ( Parudpora ) Kuansing, minat warga ikut serta membludak, 700 buah batu telah didaftarkan ke panitia. Melebih target yang semula diprediksi panitia haya 300 batu.

‘ Alhamdulillah luar biasa peminatnya, sekarang masih antre dan dari beberapa daerah sudah confirmasi mendaftar dan akan ke Kuansing untuk ikut serta, peserta luar daerah mendaftar di batas dead line, mengingat waktu dan jarak yang harus mereka tempuh, jadi sehari sebelum kontes mereka baru daftar,”ujar Ketua Panpel Kontes Batu Akik Dinas Parudpora Kuanisng, Zulkandra yang dikonfirmasi kuansingterkini.com, Rabu ( 18/2/2015 ) sore.

Menurut Zulkandra, hingga pkul 17.00 WIB Rabu, sudah ada 700 lebih batu yag didaftarkan. Pada batas deadline ujarnya, panita cukup kewalahan menerima pendaftaran, karena banyaknya  peserta yang masih mendaftar di sekretariat Panpel di  kawasan Kuansing Sport Centre Stadion.

“ Kita kemungkinan akan perpanjang hingga hari Kamis ( 19/2/2015 ), Kita tidak mau peserta yagng sudah susah payah untuk ikut kontes tidak terdaftar, karena itu kemungkinan diperpanjang satu hari,”ujarnya.

Menurutnya, peserta kontes batu akik Kuansing ini hampir merata dari seluruh Kuansing. Sedangkan dari luar daerah berasal dari Pelalawan, Rengat, Air Molek dan Pekanbaru. “ Dari luar provinsi dari Aceh dan Bukit Tinggi,”ujarnya.

Untuk hadiah lanjut Zulkandra, total hadiah yang akan diperbutkan peserta sebesar Rp. 20 Juta. Mengenai penilaian akan dibagi dalam dua kateori, pertama cincin polos dan bermotif. “ Untuk masing-masing motif tersebut hadiah dari juara 1 sampai dengan 3 ditambah harapan IV sampai harapan VIII. Jadi ada total 16 juara untuk dua motif yang akan diperebutkan,”ujarnya.

“ Untuk hadiah uang tunai , tonggol dan hiburan,” jelasnya.

Diantara tokoh yang akan ikut kontes batu Akik ini ujarnya, yakni Sekda Kuansing, Drs H Muharman, M.Pd. " Pak Sekda mendaftarkan 5 buah batu,'pungkasnya. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT