Mesjid tua Raudhatul Jannah di desa Koto Sentajo. ( ktc )

Maulid Nabi Muhammad SAW, Jemaah Mesjid Tua Koto Sentajo Pertahankan Tradisi Berzikir

Minggu,04 Januari 2015 - 10:37:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

SENTAJO RAYA - Memperingati hari kelahiran ( Maulid ) Nabi Muhammad SAW setiap tahunnya, tradisi berdzikir di Kenegerian Sentajo Kecamatan Sentajo Raya hingga saat ini masih tetap dilestarikan. Tradisi yang sudah berumur ratusan tahun salah satunya dilaksanakan di Masjid tua ( usang ) Raudhatul Jannah di desa Koto Sentajo.

Adapun anggota Dzikir ini biasanya puluhan orang yang tujuannya adalah mengingat hari lahir serta keberhasilan tentang kepemimpinan Rasulullah. Pantauan wartawan, Sabtu pagi (3/1/2015) cara dzikir ini memang sangat meriah sekali karena disampaikan dalam syair yang berisikan pengajaran bagi semua dalam menempuh hidup dan persiapan manusia menuju akhirat kelak.

Syair ini juga di iringi gendang dan pantun ataupun syairnya juga berbalas- balasan. Semua masyarakat hadir dalam agenda ini karena sudah merupakan tradisi yang sudah mendarah daging ditengah-tengah masyarakat.  Masyarakat berharap tradisi ini akan tetap bisa dipertahankan  dalam kegiatan yang biasanya dimulai pada pagi hari dan istirahat untuk shalat Dzuhur dilanjutkan makan bersama, setelah usai makan kemudian dilanjutkan jelang shalat Ashar.( Idi susianto )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT