Ketua Forum Kepala Desa Kabupaten Kuantan Singingi, Emil Harda, MM, MBA. ( ktc )

Forum Kades Kuansing Sanggup Kelola 10 Persen dana APBD Untuk Desa

Selasa,15 Desember 2014 - 09:18:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Forum Kepala Desa Kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing ) meminta Pemkab merealisasikan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa terutama kewajiban mengalokasi 10 persen dari total APBD ke desa.
Hal tersebut dikatakan Ketua Forum Kades Kuansing, Emil Harda, MM, MBA, Jumat ( 12/12/2014 ) lalu. " Jangan berpikiran sumber daya manusia di desa tidak sanggup mengelola dana, desa tentu juga sudah bersiap untuk itu, tahap awal mungkin ada penyesuaian dan transisi, tahun kedua dan selanjutnya akan terbiasa,"ujar Emil Harda.
Menurut Emil Harda yang dimaksud dalam UU Nomor 6 tahun 2014 itu, 10 persen dana APBD masuk ke desa benar-benar murni. Jadi jika ada SKPD yang melaksanakan kegiatan di desa tidak termasuk dalam kategori yang ada dalam UU desa.
" Untuk pelaksanaan kegiatan di desa bisa melalui OMS ( organisasi masyarakat setempat ) atau rekanan,"ujarnya.
Lagipula pemerintah pusat tentu akan membuat petunjuk teknis dan petunjuk pelaksana untuk dijadikan pedoman bagi desa. " Sekarang memang menunggu realisasinya saja soal penerapan 10 persen dana APBD, desa siap melaksanakannya,"ujar Emil Harda.
Sementara itu Kepala Bappeda Kuansing, Indra Agus, AP, M.Si beberapa waktu lau mengakui untuk tahun 2015 Pemkab Kuansing masih belum mengalokasikan 10 persen dana APBD bagi desa. " Baru 70 persen, harusnya seratus milyar tetapi baru 70 milyar,"ujarnya.
Hal itu semata-mata untuk mempersiapkan terlebih dahulu SDM di desa. " Karena kan dana tidak hanya dari APBD kabupaten, tetapi juga APBD provinsi dan APBN, jadi besar"ujarnya.
" Kalau nanti desa harus memproses pengadaan kegiatan melalui lelang tentu sejak sekarang harus dipersiapkan sumber daya manusianya, agar berjalan sesuai teknis, adminitrasi dan aturan. Kita sekarang fokus mempersiapkan SDM di desa terlebih dulu,"pungkasnya. ( isa)

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT