Banjir Landa Kuansing, Bupati Minta Warga dan Satgas Banjir Siaga

Banjir Landa Kuansing, Bupati Minta Warga dan Satgas Banjir Siaga
Rombongan Bupati H Sukarmis saat meninjau banjir di Tepian Narosa Teluk Kuantan. ( ktc )


TELUK KUANTAN - Banjir kembali merendam sejumlah desa di kecamatan yang ada di Kuansing. Bupati Kuansing H Sukarmis saat meninjau Posko Banjir di arena Tepian Narosa Teluk Kuantan meminta satuan tugas ( Satgas ) di Posko Banjir untuk siaga mengantisipasi segala dampak kemungkinan buruk akibat banjir.
Dari data yang dihimpun di Posko Banjir, sejumlah kecamatan yang dilanda banjir  masing-masing Hulu Kuantan, Kuantan Mudik, Gunung Toar, Kuantan Hilir Seberang. dan Pangean.  " Hingga Jumat ( 15/11 /2014) siang baru lima kecamatan yang terendam banjir, itu laporan dari camat kepada Posko,,"ujar anggota Satgas di Posko Banjir, Wahyudi Gunuda, Jumat siang.
Namun para Camat belum  melaporkan jumlah desa, jumlah areal persawahan, perkebunan, pertanian milik warga yang terendam, begitu jumlah rumah dan sarana umum serta sarana sosial. " Mereka juga sedang melakukan pendataan bersama aparat desa, yang jelas karena banjir cukup besar Pak Bupati dan Pak Kadis Sosial dan Tenaga Kerja Kuansing sudah mendirikan Posko untuk mengantispasi dampak banjir,'ujarnya.
Sementara itu Kadis Tanaman Pangan Kuansing, Ir H Maisir juga telah turun ke lapangan memantau secara langsung dampak banjir terhadap persawahan warga. Dari pantauan ke lapangan, areal persawahan yang terkena banjir berada di desa Petapahan dan desa Pisang Berebus di kecamatan Gunung Toar. Desa Pulau Godang Kari dan Kopah di kecamatan Kuantan Tengah.  
Kemudian di desa Koto Sentajo dan  Pulau Kopuang Sentajo kecamatan Sentajo Raya. " Kalau bagian kecamatan Pangean, Kuantan Hilir dan bagian hilir lainnya belum memasuki musim tanam,"ujarnya.

" Rata-rata tanaman padi yang terendam banjir berumur dibawah satu bulan, Kita harapkan cepat surut takut merusak padi yang baru ditanam,"ujar Maisir menambahkan.


Sementara itu terkait banjir, Bupati Kuansing H Sukarmis , Jumat pagi meninjau Posko Banjir di tugu taman jalur di tepian Narosa Teluk Kuantan. Saat peninjauan, Bupati didampingi oleh sejumlah pejabat seperti Camat Kuantan Tengah Drs Yulfides, Kabag Umum Yulius Darwis, Plt Kabag Ekbang Ade Fahrer Arif, ST dan Kabag Perlengkapan Drs Syafrianto.
Kepada petugas Posko Banjir, Bupati meminta untuk terus memantau dan bersiaga memantau desa-desa yang berada dipinggir sungai Kuantan dari ancaman baniir. " Siagakan peralatan dan jika perlu evakuasi warga yang terkena banjir jika dibutuhkan,"ujarnya.
Bupati juga menghimbau warga-warga yang berada di sepanjang sungai Kuantan untuk ekstra hati-hati dalam beraktifitas selama banjir  untuk mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan. (isa )

Berita Lainnya

Index