Jelang Berakhir Tahun Anggaran, Kejari Teluk Kuantan Pantau Realisasi Proyek 2014

Jelang Berakhir Tahun Anggaran, Kejari Teluk Kuantan Pantau Realisasi Proyek 2014
Yuriza Antoni, SH

TELUK KUANTAN- Kejaksaan Negeri (Kejari) Teluk Kuantan terus melakukan pemantauan terhadap realisasi pembangunan proyek-proyek di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi tahun anggaran 2014. Oleh karenanya, pihak rekanan diminta untuk melaksanakan kegiatannya sesuai aturan dan tepat waktu.

"Proyek-proyek di lingkungan Pemkab Kuansing tahun anggaran 2014 akan segera berakhir. Dan kita berharap, seluruh proyek tersebut diselesaikan sesuai dengan aturan," ujar Kajari Teluk Kuantan, H Andi Dharmawangsa SH MH melalui Kasi Intelijen Kejari Teluk Kuantan, Yuriza Antoni SH di ruang kerjanya, Rabu (5/11) siang.

Jadi, diingatkannya lagi, pekerjaan itu jangan hanya mengejar target penyelesaian saja, namun pihaknya juga mengimbau dan mengingatkan agar diselesaikan sesuai bestek yang sudah dikerjasamakan dengan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dengan rekanan.

Oleh karena itu, ujarnya, pemantauan dan pengawasan proyek yang dikerjakan rekanan harus ditingkatkan menjelang akhir tahun anggaran 2014 ini. "Kan masih ada waktu sekitar satu setengah bulan lagi, manfaatkan oleh lembaga-lembaga pengawasan pemerintah daerah untuk melakukan tugas dengan baik di lapangan," ujarnya.

Ditegaskan, imbauan ini merupakan bagian dari peran Kejari Teluk Kuantan agar seluruh proyek-proyek yang dikerjakan benar-benar terlaksana dan tuntas sesuai aturan dan bestek, sehingga masyarakat bisa menikmatinya. Sebab, kata Reza, pihaknya tidak akan segan-segan memproses pelanggaran bestek terhadap proyek yang sudah diselesaikan rekanan.

"Karena itu, sejak sekarang kita imbau dan wanti-wanti pihak rekanan untuk mengerjakan proyek sesuai bestek, dan satker kita minta rajin melakukan pengawasan," ujarnya.

Walaupun ada upaya untuk menutup-nutupi jika ada proyek bermasalah, menurutnya, akan ketahuan juga, karena saat ini masyarakat sudah cerdas dan memberi informasi mengenai proyek-proyek yang tidak sesuai bestek.

"Masyarakat semakin kritis dan cerdas, sehingga tidak ingin proyek yang akan mereka nikmati dikerjakan asal-asalan, karena itu mereka akan melaporkan jika ada proyek yang tidak sesuai bestek," ujarnya.

Reza juga mengingatkan, para pelaksana proyek mulai dari pengguna anggaran, pejabat pembuat komitmen dan pejabat pelaksana teknis kegiatan, kontraktor dan pengawas untuk tidak ragu-ragu dalam bekerja, apalagi sudah sesuai dengan aturan. "Tidak perlu ragu dan takut kalau sudah bekerja sesuai aturan," katanya lagi.(Utr)


Berita Lainnya

Index