Jumlah Hewan Kurban Meningkat 500 Ekor, Tanda Warga Kuansing Makin Sejahtera

Jumlah Hewan Kurban Meningkat 500 Ekor, Tanda Warga Kuansing Makin Sejahtera
Pembagian daging hewan kurban di Mesjid Raudhatul Janah Koto Sentajo. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Hasil pendataan lengkap dari Dinas Peternakan Kuansing, jumlah hewan kurban pada hari raya Idul Adha 1435 H atau tahun 2014 meningkat cukup tinggi dibandingkan tahun 1434 H atau 1434 H yang lalu. Ini salah satu bukti masyarakat Kuansing semakin sejahtera dari sisi pendapatan ekonomi.

" Kalau dibandingkan dengan data jumlah hewan kurban pada Idul Adha 1434 Hijriah, meningkat lebih kurang 500 ekor, tahun ini jumlah hewan kurban mencapai 2.430 ekor, sedangkan pada tahun lalu berjumlah lebih kurang 1.930 ekor,” ujar Kadis Peternakan Kuansing, Masri, SP, MM kepada wartawan, Senin ( 6/10/2014 ) .

2.430 ekor jumlah hewan kurban pada Idul Adha 1435 Hijriah tersebut ujar Masri terdiri dari sapi sebanyak 1.776 ekor, kerbau sebanyak 342 ekor dan kambing sebanyak 322 ekor. " Alhamdulillah meningkat, ini menandakan partisipasi warga untuk berkurban meningkat pula,"ujar mantan Kabag Ekbang Setda Kuansing itu.

Menurutnya, walaupun jumlah hewan kurban meningkat lebih kurang 500 ekor, pihaknya bersyukur dapat memenuhi permintaan warga. Pasokan hewan kurban ujarnya berasal dari luar Kuansing dan dari dalam Kuansing sendiri.

" Artinya stok hewan atau kebutuhan daging di Kuansing cukup stabil, bisa dari luar Kuansing bisa dari dalam Kuansing sendiri,"ujarnya.

Kedepan melihat trend peningkatan jumlah hewan kurban ujarnya, Dinas Peternakan semakin bekerja keras membina peternak untuk melahirkan ternak-ternak yang sehat dan unggul untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban.

" Jangan sampai kebutuhan warga yang ingin berkurban terkendala oleh stok hewan kurban khususnya di Kuansing,"ujarnya. ( isa )

 

Berita Lainnya

Index