Rusak Makin Parah, PU Riau Diminta Perbaiki Jalan Kari - Sungai Jering

Rusak Makin Parah, PU Riau Diminta Perbaiki Jalan Kari - Sungai Jering
Salah satu mobil toyotan Avanza terpuruk di lubang besar di ruas jalan provinsi Sungai Jering - Kari

TELUK KUANTAN - Dinas Pekerjaan Umum ( PU ) Riau diminta segera memperbaiki kerusakan ruas jalan provinsi Kari - Sungai Jering tepatnya di dekat gardu induk PLN  dikelurahan Sungai Jering yang sudah semakin parah.

Pasalnya selain menganggu pengendara  juga menganggu warga yang tinggal disekitar jalan yang rusak ini.Pasalnya setiap mobil yang terpuruk menimbulkan suara bising dan juga lumpur yang masuk ke sekitar halaman warga.

“ Kalau sudah musim hujan begini, truk yang lewat dan kenderaan yang lewat pasti terpuruk, raungan suara truk menganggu warga,”ujar Jumras salah seorang warga setempat, Kamis ( 31/7/2014 ) yang lalu kepada wartawan.

Tidak hanya truk ujarnya, yang lebih kasian pengendara yang baru ke Teluk Kuantan dan melewati ruas jalan ini juga akan mengalami nasib yang sama. “ Kadang Avanza, Xenia dan Inova yang terpuruk, kasian mereka, harus diderek dan mengakibatkan perjalanan mereka terganggu, motor juga banyak yang rusak mesin akibat air masuk,”ujarnya.

Warga ujarnya cukup heran mengapa kerusakan jalan ini dilokasi demikian lama untuk ditangani. “ Kami dengar jalan ini jalan provinsi yang menjadi tanggung jawab provinsi, kalau ada dana perawaan tahun ini diutamakan dilokasi yang rusak parah ini,’ujarnya.

Walaupun jalan provinsi, Jumras berharap dinas terkait di Pemkab Kuansing  dapat memperbaikinya untuk sementara waktu.” Kalau bisa dibuat galian untuk memperlancar air, jadi air tidak tergenang di lubang yang memperparah jalan, karena ada tempat untuk pembuangan air kalau dibangun saluran air,”ujarnya.

Pantaun dilpangan setidaknya terdapat lima lubang dilokasi jalan rusak ini yang jaraknya berdekatan. Namun salah satu lubang sangat besar dengan diameter 10 x 10 meter dengan kedalan 1 meter. Lubang ini yang sering membuat truk dan mobil-mobil kecil terpuruk. Bagi truk yang nakal jika malam hari mereka melewati jalan pemukiman. Untuk mencegah kerusakan jalan lingkungan, RT setempat membangun portal , namun beberapa kali portal rubuh dihantam kenderaan yang lewat.

Kadis Bina Marga dan Sumber Daya Air Kuansing, Azwan yang dikonfirmasi melalui Kepala Bidang Peningkatan Jalan, Kamis siang mengatakan, untuk tahun ini ruas jalan ini hanya mendapatkan alokasi dana Rp 1 Milyar dari APBD Riau.

“ Nanti Kita minta ke PU Riau untuk focus menangani kerusakan jalan di jalan provinsi Kari-Sungai Jering,”ujarnya.

Untuk jalan provinsi di kota Teluk Kuantan sebutny, selain ruas jalan ini juag dialokasikan untuk jalan Wisma Hasanah – Jembatan Pulau Bungin. ‘ Untuk ruas jalan ini dialokasikan Rp 5 Milyar,’ujarnya. ( isa )

Berita Lainnya

Index