5 Kades di Gunung Toar Dilantik Sekda

Senin, 08 Juli 2013 | 09:59:00 WIB
Sekda saat melantik 5 Kades di Kecamatan Gunung Toar. ( ktc )

 

GUNUNG TOAR - Seorang Kepala desa ( Kades ) tidak hanya menampung dan menanti uluran dari atas, juga harus memiliki inisiatif berbuat dengan tujuan mensejahterakan masyarakat dengan tetap dalam koridor hukum dan ketentuan yang berlaku di Negara kita.
Hal ini dikatakan Sekda Kuansing, Drs H Muharman, M.Pd  saat menyampaikan pidato Bupati Kuansing H Sukarmis pada pelantikan lima Kepala desa di Kecamatan Gunung Toar. Acara juga dihadiri Waka Polres Kuansing, Kompol Haldun, Waka I DPRD Sardiyono, sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab Kuansing, Camat Guntor Samsir Alam, upika dan ratusan masyarakat serta keluarga para kades yang dilantik, bertempat di halaman kantor Kecamatan Guntor, Senin (8/7) kemaren.

Lima kades yang dilantik tersebut diantaranya Ilyas Kades Lubuk Terentang, Suhardi Kades Pulau Rumput, Marpinis kades Siberobah, Bakrison kades Toar, dan Yurzaldi kades Seberang Sungai.

Dilanjutkan Muharman, posisi pemerintahan yang paling dekat dengan masyarakat adalah pemerintah desa selaku ujung tombak pemerintah, sedangkan segi pengembangan peran serta masyarakat, pemerintah desa adalah pembina, penganyom, dan pelayan masyarakat yang sangat berperan dalam membangun, motivasi, memberdayakan untuk berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan desa.

Ini mengharuskan desa berkreatifitas dan memotivasi dalam menggali sumber-sumber potensi dan pendapatan dalam membiayai berbagai kegiatan pembangunan desa. Untuk itu selaku pemimpin pemerintahan desa, saya berharap pehami dinamika dan fenomena sosial dan politik yang berkembang ditengah masyarakat desa, kecamatan dan kabupaten secara umum.

Kemudian tingkatkan kemampuan untuk mengaktualisasikan nilai-nilai dan konsep dalam melaksanakan tugas dibidang pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan. Ciptakan suasana dan kondisi kondusif serta memberikan motivasi kerja yang tinggi kepada perangkat desa dengan mengutamakan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Ciptakan juga hubungan kerja yang baik dengan lembaga lainnya didesa maupun komponen masyarakat.( isa ) 

Terkini