Acara Undian Pacu Jalur Ajang Uji Coba Pangean

Toreh Sejarah, Jalur Hulu Kuantan dan Rengat Hadir Diajang Pacu Jalur Uji Coba Pangean

Rabu,20 Juli 2022 - 06:19:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Pacu Jalur Ajang Uji Coba Pangean tahun ini banyak mencatat sejarah.

Pertama Pacu Jalur yang digelar diarena Tupian Rajo mulai sejak tanggal 21 hingga 23 Juli 2022 ini merupakan Pacu Jalur perdana yang digelar sejak Pandemi Covid. Karena itu jumlah penonton diiprediksi membludak setelah dua tahun Pacu Jalur absen dilaksanakan.

Kedua jumlah Jalur yang ikut serta diajang ini juga meningkat. Tahun 2022 ini sebanyak 87 buah sedangkan tahun 2019 yang lalu 76 buah.

Torehan sejarah lainnya, pada tahun ini Pacu Jalur Ajang Uji Coba Pangean dihadiri Jalur asal Kecamatan Hulu Kuantan dan Rengat Indragiri Hulu.

Menurut Tokoh Muda Pangean, Juprison setahu dirinya sejak tahun 1999 mengikuti proses Pacu Jalur diarena ini tidak pernah Jalur asal Hulu Kuantan dan Rengat ikut berpacu di Gelanggang Tupian Rajo.

" Paling jauh dari kawasan hulu Jalur asal Kuantan Mudik. Kalau Jalur asal Indragiri Hulu paling jauh dari Peranap dan sekitarnya,"kata Juprison.

" Jadi Pacu Jalur Ajang Uji Coba Pangean tahun ini banyak sejarah tercipta "sambungnya bangga.

Menurutnya Jalur asal Hulu Kuantan yang hadir tahun ini yakni Siluncur Keramat Sakti dari Desa Serosah dan dari Rengat Jalur Tuah Kalajengking Muda Indragiri.

Dari hasil undian pacu hari perdana, Kamis besok akan berpacu 37 kali hilir ditambah hilir jalur yang mendapat undian bay.

Sementara laga seru yang bakal menarik perhatian diantaranya Siposan Rimbo Ketua DPRD Kuansing lawan Kahulu Jantan Danau Kompe. Raja Laut lawan Upie Saghok Ghimbo Dusun. Sembilan Langkah Putri Samudra dan Batu Hijau Tuah Nagori. Tuah Kalajengking Muda Indragiri lawan Pendekar Panjang Bukik Siguntur. Putri Kumayang Linduang Daun lawan Tuah Keramat Sialang Soko. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT