Mesjid Agung Kuansing. Fhoto : tribunpekanbaru

Selain Berhenti Untuk Ibadah, Mesjid Agung Kuansing Juga Jadi Lokasi Istirahat Pemudik

Selasa,09 Mei 2022 - 09:22:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Kota Teluk Kuantan ibukota kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing ) Riau menjadi salah satu jalur Lintas Tengah Sumatera.

Jalur ini juga diramaikan pemudik asal Pulau Jawa ke pulau Sumateran dan sebalknya. Termasuk pemudik antar provinsi di Pulau Sumatera.

Keberadaan Mesjid Agung Kuansing tidak hanya dirasakan warga daerah ini. Mesjid ini salah satu rumah ibadah yang banyak disinggahi para pemudik selama arus mudik dan arus balik untuk menunaikan sholat lima waktu.

Ternyata selain untuk ibadah, Mesjid Agung Kuansing yang dibangun pada era kepemimpinan Sukarmis-Mursini ini juga jadi sarana melepas lelah bagi pemudik yang sedang melaksanakan perjalanan jauh.

Salah seorang pengelola Mesjid Agung Kuansing, Asmar , Minggu (8/5/22) mengakui hal ini.

" Baik siang maupun malam banyak pemudik.yang berhenti untuk sholat dan istirahat dan . Karena Mesjid Agung buka 24 Jam,"ujarnya.

Pada malam hari katanya ada yang minta izin berhenti dan istirahat tidur. Namun rata-rata mereka tidur didalam mobil.

" Mesjid Agung kan ada security dan mereka minta izin ke securiti,"katanya.

Biasanya kata Asmar pemudik yang istirahat di Mesjid Agung mereka sampai Teluk Kuantan memasuki dini hari dan tempat tujuan masih jaiuh.

" Kalau melanjutkan.perjalanan malam hari sopir sudah letih dan berbahaya," ujarnya.

Para pemudik yang singgah ujarnya juga merasa aman berhenti istriahat di Mesjid Agung karena tidak jauh dari mesjid ada Pos PAM Lebaran Gabungan Kuansing.

" Selain itu areal parkir juga luas dan areal Mesjid Agung sudah dipagar,"pungkasnya.( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT