Festival lampu colok di desa Pisang Berebus

Malam Takbiran Idul Fitri 1443 H di Kuansing Berlangsung Semarak

Senin,01 Mei 2022 - 11:46:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Walau sempat diguyur hujan namun malam takbiran hari raya Idul Fitri 1443 H di Kuantan Singingi ( Kuansing ) Riau, Minggu (1/5/22) berlangsung semarak dan meriah.

Para perantau yang pulang mudik ke kampung halaman Kuansing juga merasakannya. Karena selain pawai takbir keliling juga ada festival lampu colok yang ditaja dibanyak desa di negeri Pacu Jalur yang kental dengan tradisi Islami.

Para perantau juga banyak pulang ke Kuansing setelah hampir dua tahun tidak bisa pulang karena Pandemi Covid 19.

Kemeriahan malam takbiran salah satu terlihat di sekitar Surau Nurul Huda Dusun I Desa Pisang Berebus Kecamatan Gunung Toar.

Selepas berbuka puasa terakhir bersama keluarga tercinta para remaja dan anak-anak baik laki-laki maupun perempuan lantas bergegas menuju surau.

Setelah berkumpul mereka beramai-ramai menyalahkan lampu colok yang ada disekitar surau dan jalan. Seminggu sebeiumnya mereka juga larut dalam semangat gotong royong membuat dan memasang lampu colok.

Para remaja dan anak-anak diawasi orang tua dan orang dewasa tampak begitu semangat dan ceria menghidupkan lampu colok.

Sementara yang lainnya berada didalam surau untuk melantunkan gema takbir sehingga suasana religi menyambut hari kemenangan kian terasa. Selepas itu mereka mengikuti lomba takbir antar dusun.

Lampu colok yang telah hidup menarik perhatian mereka yang sedang lewat. Banyak yang berhenti untuk berfhoto mengabadikan momen sekali dalam setahun ini. ( ot )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT