Penjualan Dodos dan Egrek Prospek, Perbankan Diminta Support Pandai Besi di Kuansing

Penjualan Dodos dan Egrek Prospek, Perbankan Diminta Support Pandai Besi di Kuansing
Petani sawit. Net

TELUK KUANTAN - Pangsa pasar dan potensi penjualan peralatan Dodos dan Egrek buah kelapa sawit di Kuantan Singingi (Kuansing) Riau sangat besar.

Oleh karena itu pihak Perbankan dan perusahaan yang beroperasi didaerah ini diminta membantu dan membina usaha pandai besi yang ada di Kuansing.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kuansing, Azhar pada acara Gathering Ekosistem Desa Tahun 2022 yang digelar PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Teluk Kuantan, Selasa (11/1/22).

Sebab menurutnya, produksi Pande Besi memiliki peluang yang sangat besar untuk maju dan berkembang yang memiliki perkebunan sawit yang sangat luas yang dikelola beberapa perusahaan dan KUD.

"Selama ini kebutuhan peralatan sawit seperti Dodos dan Egrek dibeli dari hasil produksi buatan Medan dan Malaysia," katanya.

Kedepan Ia berharap perusahaan sawit maupun KUD yang mengelola sawit bisa membeli peralatan hasil produksi pandai besi lokal Kuansing. Untuk itu, kita harus meningkatkan kualitas produksi pandai besi serta bantuan modal dari bank.

"Penjajakan kerjasama dengan beberapa KUD dan perusahaan sudah dilakukan dalam hal pengadaan dodos dan egrek," katanya.

" Saat ini ada beberapa UKM unggulan yang menjadi prioritas untuk dikembangkan antara lain Batik, Tenun, Sepatu dan Pande Besi,"sambungnya.

Terkait pengembangan UKM ini kata Azhar, dibutuhkan adalah support dari pihak perbankkan terutama BRI.

" Yakni menyangkut dengan modal usaha. Saya berharap BRI bisa mensupport bantuan modal dengan syarat yang tidak rumit serta bunga kecil," katanya.

Menanggapi hal tersebut Pimpinan BRI Cabang Teluk Kuantan Fery Widodo akan mensuport UMKM dengan program BRI berupa KUR Super Mikro dengan besar pinjaman Rp5 juta sampai Rp10 juta.

Acara yang digelar di lantai dua RM Sederhana dihadiri Pimpinan Cabang BRI Teluk Kuantan Fery Widodo dan pimpinan unit BRI se Kuansing. Selain itu hadir Ketua Forum Kepala Desa, Ketua Asosiasi Batik dan Plt Kepala Dinas Sosial Kuansing Nafisman. ( ms )

Berita Lainnya

Index