Salah seorang CJH ikuti vaksin Covid-19

CJH Kabupaten Kuansing Divaksin Covid-19 Tahap Pertama

Selasa,30 Maret 2021 - 09:21:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN -- Sebanyak 263 Calon Jamaah Haji atau CJH kabupaten Kuansing sudah divaksin Covid-19. Vaksinasi tersebut sebagai upaya antisipasi awal meski belum ada kepastian kapan pemberangkatan jamaah haji tahun ini.

"CJH hampir 98 persen sudah divaksin tahap pertama. Sisanya belum karena tidak lulus sekrining kesehatan," kata Kasi Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Kuansing, H Bakhtiar Saleh kepada wartawan lewat sambungan telpon selulernya, Selasa ( 30/3/2020).

CJH yang dijadwalkan berangkat tahun ini kata Bakhtiar merupakan porsi jamaah tahun lalu yang batal berangkat karena pandemi Covid-19.

"Jumlah CJH kita sebanyak 263 orang porsi tahun lalu. Tidak ada penambahan," katanya.

Bakhtiar menerangkan kegiatan vaksinasi CJH tersebut sesuai dengan surat edaran dari dinas kesehatan untuk memberikan vaksinasi Covid-19 kepada seluruh calon jamaah haji.

“Meski saat ini belum ada kepastian dari Arab Saudi terkait kuota jamaah haji Indonesia. Tapi kegiatan vaksinasi itu tetap harus dilakukan sebagai antisipasi,” katanya.

Ditambahkan Bakhtiar, CJH tahun ini adalah mereka yang sebenarnya mendapatkan porsi berangkat tahun 2020 lalu.

Namun tahun lalu gagal berangkat karena pandemi Covid-19 maka mereka dijadwalkan berangkat tahun ini.

Sementara itu kegiatan vaksinasi covid-19 CJH yang digelar di aula Kemenag Kuansing Kamis (24/3) akhir pekan lalu berjalan dengan lancar dan tertib.

Dalam pantauan, CJH yang divaksin mengantre dengan tertib dengan menerapkan protokol kesehatan. Petugas Dinas Kesehatan Kuansing dengan sabar memberikan pelayanan. Satu persatu CJH datang langsung dilakukan registrasi dan pengecekan tensi darah. Setelah memenuhi persyaratan kesehatan vaksinasi, CJH baru dilakukan suntik vaksinasi.

“Vaksinasi CJH akhir pekan lalu berjalan lancar, alhamdulillah. Hanya beberapa orang uang belum,” ujarnya.

Selain vaksinasi, kata Bakhtiar, persiapan lainnya juga dilakukan. Seperti soal dokumen CJH, misalnya paspor dan visa juga sudah selesai. Selain itu CJH juga sudah melakukan manasik haji yang dibagi dalam setiap rombongan.

"Paspor dan manasik sudah. Visa sebenarnya sudah selesai tapi menunggu pusat. Kita berharap semua jamaah bisa berangkat tahun ini," harapnya.( ms )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT