Pohon tumbang dihantam angin kencang Minggu sore

Waspada, Angin Kencang Disertai Hujan Dapat Terulang Kembali Di Kuansing

Selasa,17 November 2020 - 02:05:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Warga dikabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing ), Riau diminta tetap waspada. Pasalnya kejadian hujan disertai angin kencang dan petir seperti yang terjadi Minggu ( 15/11/2020) masih dapat terulang sewaktu-waktu.

Hal itu dilontarkan Prakirawan dari Badan Meteorologi Klimatalogi dan Geofisika ( BMKG ) Pekanbaru, Bibin Sulianto, Senin( 16/11/2020).

Ia juga membenarkan bahwa Minggu sore lalu di wilayah Kabupaten Kuantab Singingi terjadi angin kencang sekira pukul 16.00 WIB.

Peristiwa tersebut terjadi karena wilayah Riau pada umumnya memasuki musim penghujan.

"Itu hanya angin kencang saja, bukan puting beliung. Kalau puting beliung arah angin tidak menentu berputar-putar. Sementara pantauan kita ini hanya searah saja," katanya.

Secara umum katanya, wilayah Provinsi Riau termasuk Kabupaten Kuantan Singingi saat ini memasuki musim penghujan. Sehingga angin kencang masih berpotensi terjadi kedepan.

Makanya, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Riau agar selalu waspada pada musim peralihan atau pancaroba seperti saat ini.

Selain angin kencang, tingginya intensitas hujan juga bisa menyebabkan banjir.

"Angin kencang masih berpotensi terjadi. Jadi warga diminta waspada. Hindari pohon besar dan tetap di dalam rumah jika sewaktu-waktu terjadi angin kencang," harapnya.

Sementara akibat hujan disertai angin kencang Minggu sore lalu membuat ratusan pohon tumbang dan ratusan gangguan listrik.

Menurut Kasie Pengelolaan Pertamanan DLH Kuansing, Beni Miprasadi akibat hujan dan angin kencang itu sembilan pohon di Teluk Kuantan tumbang yang terdeteksi oleh mereka. Yang tidak dilaporkan masih banyak.

" Dua di Perumnas, dua dekat kedai empek-empek Palembang arah komplek kantor Bupati, satu di Uniks arah Sentajo, dua dihutan kota Pulau Bungin dan satu dekat Pasar Rakyat dan satu di Desa sawah,"kata Beni.

Sedangkan gangguan listrik juga banyak sekali diseluruh Kuansing.

" Ada seratus lebih gangguan dan kami sedang mengatasi sesuai nomor antri laporan. Kami mohon pelanggan bersabar,"kata Edi salah seorang petugas piket gangguan PLN Teluk Kuantan.( ms )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT