Rumah godang di desa Wisata Koto Sentajo

Luar Biasa Koto Sentajo Masuk Jadi 20 Desa Wisata Terbaik Di Indonesia Tahun 2020

Selasa,17 November 2020 - 12:49:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN- Desa Koto Sentajo kecamatan Sentajo Raya, kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing ), Riau masuk menjadi 20 desa wisata terbaik di Indonesia tahun 2020.

Tim bentukan Kementrian Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif turun langsung bersama Universias Riau meninnjau melakukan penilaian. Untuk diketahui Universitas Riau menjadi pembina desa wisata Koto Sentajo selama ini.

Tim dari Kementrian Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif yang melakukan penilaian dipimpin Dr Diana Simanjuntak dan Dr Asep Parantika.

Mereka menelisik langsung komplek rumah godang beserta segala aktifitas masyarakat adat disana. Tidak hanya itu mereka juga meninjau areal persawahan, danau, padang gembala ternak dan yang lainnya.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing, Nasjuneri Putra, Selasa (17/11/2020) menyebut, desa sisata Koto Sentajo akan bersaing dengan 19 desa wisata lain di Indonesia.

Sembilan belas desa lainnya itu yakni Desa Koto Masjid, XIII Koto Kampar, Kampar, Riau. Desa Lubuk Sikarah, Kota Solok, Sumatera Barat. Desa Walitelon, Temanggung, Jawa Tengah. Desa Wisata Datara, Bontoramba, Jeneponto, Sulawesi Selatan. Desa Kabba, Kecamatan Minasatenne, Kabupaten Pangkajenne, Kepualaun, Sulawesi Selatan. Desa Wisata Lembah Dongde Desa Gentugan, Mojogedang, Karanganyar, Jawa Tengah. Desa Setu, Tangerang Selatan, Banten. Desa Marga, Tabanan, Bali. Desa Wisata Bongan, Tabanan, Bali.

Lanjut Desa Mengwi, Badung, Bali. Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Desa Banyuesmi, Pandeglang, Banten. Desa Cikolelet, Serang, Banten. Desa Ranto Sabon, Sampoiniet, Aceh Jaya, Aceh. Desa Wisata Garongan, Turi, Sleman, Di Yogyakarta. Desa Paloh, Sambas, Kalimantan Barat. Desa Sepaku, Panajam Paser Utara, Kalimantan . Desa Wisata Cisaat, Subang, Jabar, Jawa Barat dan Desa Wisata Lengkong, Bogor, Jabar.

" Jadi untuk Riau ada dua yang masuk 20 besar desa wisata terbaik 2020 yakni Koto Sentajo dan Koto Mesjid di Kampar,"katanya.

" Alhamdulillah desa Koto Sentajo masuk 20 besar wisata terbaik tahun 2020 dan bersaing dengan Provinsi yang telah maju wisatanya seperti Bali, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sulsel dan Sumbar,"lanjutnya.

Hasil dari penilaian tim katanya untuk menentukan nominasi enam besar desa wisata terbaik 2020 dan rewardnya akan mendapat pembinaan dari Kementrian Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif selama enam tahun.

Menurutnya penilaian tidak semata keberadaan rumah godang namun juga sarana pendukung seperti home stay, kuliner dan souvenir.

Lalu kelembagaan pengelolaan adat dan kelembagaan pariwisata seperti Pokdarwis dan pemandu untuk pelancong dalam dan luar negeri serta partisipasi komunitas, perusahaan dan pemerintah.

Yang menjadi keuntungan desa wisata Koto Sentajo katanya, semua masih sangat natural dan apa adanya. Ini prospek untuk wisata yang lagi trend saat ini dimana wisatawan ingin menjadi dan merasakan denyut nadi sebuah komunitas secara langsung.

" Desa Koto Sentajo mampu menjaga kearifan lokal ,"katanya. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT