Ikan Mati Disungai Bawang, Diduga Akibat Limbah

Ikan Mati Disungai Bawang, Diduga Akibat Limbah
Sungai Bawang menjadi hitam diduga akibat limbah

TELUK KUANTAN - Ikan yang ada disungai Bawang desa Petai kecamatan Singingi Hilir tiba-tiba banyak yang mati. Diduga penyebabnya akibat tercemar limbah. Pasalnya air sungai tersebut tiba-tiba berubah menjadi hitam pekat.

Aden Siswanto warga Singingi Hilir menyebut, tumpahan limbah diketahui masyarakat sesudah sholat Jumat pada hari Jumat ( 15/11/2018) siang.

" Tiba-tiba air berubah menjadi hitam disusul banyak ikan yang mati,"ujarnya.

Namun warga tidak mengambil ikan-ikan yang mati tersebut sebab khawatir berbahaya karena diduga sudah tercemar limbah yang membuat air sungai menjadi hitam pekat.

" Ya dibiarkan saja oleh masyarakat karena takut beresiko mengkonsumsinya "tandas Aden.

Yang pasti ujarnya warga langsung melapor dan meminta dinas lingkungan hidup Kuansing untuk turun kelapangan melakukan penyelidikan dan menuntakan kasus ini agar tidak terulang dimasa mendatang.

Kepala bidang peningkatan dan penataan kapasitas lingkungan hidup Dinas Lingkungan Hidup Kuansing, Aprimon, Sabtu ( 16/11/2018) siang mengaku sudah turun kapangan.

Menurutnya saat mendapat informasi kejadian ini Jumat sekitar pukul 2 siang langsung ke TKP.

" Dilihat secara kasat mata diatas ambang baku mutu. Sampel sudah diambil dan akan dikirim ke labor,"ujarnya.

Selain mengambil sampel baik air dan ikan mereka saat itu juga mencari asal limbah yang ada disungai Bawang tersebut dan mencari penyebabnya.

" Jadi sedang ditelusuri darimana asal penyebab air hitam yang ada di sungai Bawang itu yang menyebabkan ikan-ikan turut mati,"ujarnya. ( isa )

Berita Lainnya

Index