Peragaan silat pangean dalam suatu acara. ( ktc )

Ramadhan, Permainan Silat Pangean Dimulai

Kamis,08 Juni 2016 - 08:55:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...


PANGEAN  - Setiap memasuki bulan suci Ramadan, permainan Silat Pangean di negeri asalnya, Pangean, kembali mulai dipertontonkan kepada khalayak ramai, yang dimulai sejak 1 Ramadan kemarin.

Antusiasme masyarakat untuk mengikuti permainan silat, dan juga untuk masuk menjadi anak murid baru Silat Pangean pun semakin terasa. Anak-anak muda, orang-orang dewasa pun ikut mempelajari Silat Pangean ini di negeri asalnya itu.

Sejumlah laman atau arena Silat Pangean di laman-laman guru sudah mulai dibuka atau dibasuah. Selain Pangulu Nen Barompek Nagori Pangean, hadir pula membuka salahsatu laman silat di Pangean, yakni laman Silat Pendekar Balang di Pulau Kumpai Pangean, Selasa (7/6) kemarin, adalah para guru silat, anak murid dan Camat Pangean Mahviyen Trikon Putra SE.

Setelah itu, masyarakat pun turut menyaksikan proses pembukaan arena Silat Pangean ini. Tidak hanya di negeri asalnya, arena-arena Silat Pangean di luar Pangean pun akan menyusul untuk dibuka oleh mereka yang diamanagkan dalam aturan silat.

"Alhamdulillah, Silat Pangean terus memperlihatkan eksistensinya di negeri ini. Semoga terus berkembang dan berjaya, karena Silat Pangean ini tidak hanya menjadi aset di Pangean, tapi juga sudah menjadi aset nasional yang telah diajarkan kepada masyarakat banyak yang ada di belahan bumi," ucap H Hasan Basri, Pangulu Sati Kenegerian Pangean, Selasa kemarin.

Sementara itu, Camat Pangean, Mahviyen Trikon Putra SE mengapresiasi semangat para pemangku adat dan pemangku silat Pangean yang terus menjaga kesucian tradisi masyarakat ini. Ke depan, Silat Pangean hendaknya tidak menjadi kebanggaan bagi orang Pangean, karena sudah menjadi kebanggaan bagi masyarakat secara umum di Riau.

"Dimana-mana Pangean dikenal dengan silatnya. Dalam silat diatur segala hal, baik lahir maupun batin. Semoga silat ini terus berjaya di masa yang akan datang," ujar Camat Mahviyen, usai menghadiri buka laman silat Pendekar Balang di Pulau Kumpai Pangean, kemarin.( utr )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT