ilustrasi. ( grc )

Ternyata! Biaya Berobat Masyarakat Miskin Lebih Rendah Dibanding Harga 3 Mobil Pejabat Riau

Selasa,09 Desember 2013 - 05:00:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...


PEKANBARU - Kondisi tragis masih membayangi masyarakat di Provinsi Riau. Kemewahan pejabat di daerah ini ternyata mendatangkan kesengsaraan bagi masyarakat dengan tingkat ekonomi di bawah rata-rata.


Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) menyatakan, bahwa biaya untuk membeli kendaraan tiga pejabat tertinggi di Pemerintah Provinsi Riau jauh melebihi besaran dana untuk obat-obatan masyarakat miskin. "Pemprov Riau telah memboroskan anggaran untuk tiga orang pejabat di tahun 2013 yakni sebesar Rp9,4 miliar yang dilaksanakan oleh Biro Perlengkapan," kata Usman, selaku Koordinator Fitra Riau dalam surat tertulis yang diterima wartawan, Senin (9/12/2013).


Dana sebesar itu menurut dia, merupakan pemborosan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2013 karena hanya untuk pembelian mobil gubernur, wakil gubernur dan Sekretaris Daerah Riau.


Fitra mencatat, untuk mobil Gubernur Riau 2013 ada sebanyak dua unit yakni satu jenis (merk) Jeep seharga Rp2,6 miliar dan satu jenis sedan seharga Rp1,65 miiar.


Kemudian untuk Wakil Gubernur Riau, juga satu mobil jenis jeep seharga Rp2,6 miliar dan sedan seharga Rp1,65 miliar. Selanjutnya ada juga satu unit mobil sedan seharga Rp829,4 juta yang dialokasikan untuk Sekretaris Daerah Provinsi Riau.


Jika ditotalkan, kata dia, jumlahnya mencapai Rp9,4 miliar dan semunya bersumber dari dana APBD 2013.


Terkait itu, menurut Usman, Pemprov Riau telah melakukan pemborosan yang luar biasa karena jika dibandingkan dengan anggaran yang dialokasikan untuk obat-obatan masyarakat miskin, sangat jauh berbedaannya.


Fitra meriliskan, bahwa untuk anggaran obat-obatan bagi masyarakat miskin, Pemprov Riau hanya mengalokasikan sekitar Rp6 miliar dari APBD 2013.


Fitra Riau bersama lembaga swadaya masyarakat lainnya dan organisasi mahasiswa juga menggelar aksi unjuk rasa dalam memperingati Hari Anti Korupsi se-Dunia di Pekanbaru. Aksi tersebut dipusatkan di depan Kantor Gubernur Riau di Pekanbaru dengan berorasi menyuarakan anti korupsi dan dengan membawa sejumlah spanduk menentang pejabat yang pro terhadap korupsi.( sumber : ant/grc )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT