Tika T2 Sungkeman dan Jalan Bersimpuh

Tika T2 Sungkeman dan Jalan Bersimpuh
Duo T2 "Tika dan Tiwi". DOK/TEMPO/Agung Pambudhy

JAKARTA - Kartika Yudi Ramlan atau yang dikenal dengan Tika T2 merasakan perbedaan adat saat menyambut hari raya lebaran. Setelah menikah dengan Tri Aji Raharso sejak 2009 lalu, Tika dikenalkan dengan adat istiadat sungkeman.

Mojang Bandung ini awalnya merasakan keseruan saat melakukan sungkeman. Di keluarganya sendiri, Tika biasanya hanya maaf-maafan dengan orang tua dan sanak saudara.

"Sungkemannya beda, adat keraton bersimpuh, jalan beberapa meter pake lutut. Itu sih seru," kata Tika saat ditemui di Kawasan Tebet, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu. Sampai saat ini Tika dan keluarga suaminya masih memegang teguh kebiasaan tersebut.

Setelah memiliki anak, kebiasaan itu pun dikenalkan sejak dini. Arkana Uno Raharso, yang lahir pada Febuari 2010 pun telah dikenalkan adat sungkeman sejak berusia dua tahun.

"Keluarga suami adatnya masih Jawa banget, anakku sudah diajarin sungkeman dari umur dua tahun," ujarnya. Adat istiadat tersebut menjadi cerita tersendiri bagi Tika setiap lebaran tiba. Namun pada perayaan lebaran tahun ini, Tika lebih dulu berencana pulang ke kota asalnya Bandung, Jawa Barat.( tempo.co )

Berita Lainnya

Index