Pasca Kasus Ricuh di Kios Pasar Lubuk Jambi Kedua Belah Pihak Sepakat  Berdamai

Pasca Kasus Ricuh di Kios Pasar Lubuk Jambi Kedua Belah Pihak Sepakat  Berdamai
Kedua pihak saat berdamai

LUBUK JAMBI -  Pasca kejadian ricuh pada salah satu kios pedagang di Pasar Lubuk Jambi, Rabu (26/4/23) sekira pukul 20.30 Wib yang sempat viral di Medsos,  Polsek Kuantan Mudik bersama perangkat desa bergerak cepat melaksanakan mediasi penyelesaian masalah tersebut.

Berkat kegigihan mereka melaksanakan mediasi antara korban Amrizal ( 47 )  akhirnya berakhir damai dengan terduga pelaku yang diperkirakan berjumlah 20 pemuda.

Mediasi dihadiri Kapolsek Kuantan Mudik AKP Fery M.Fadillah, Pj Kades Seberang Pantai, Nurman Antoni,  pemilik kedai Amrizal beserta keluarga, Babinsa Ramil 08/KM Serda Yulindo , Bhabinkamtibmas Polsek Kuantan Mudik Aiptu Afrizal, perangkat desa dan anggota BPD dan tokoh adat desa Seberang Pantai serta perwakilan masing-masing pemuda.

Mediasi dilakukan agar permasalahan kedua belah pihak dapat diselesaikan melalui musyawarah kekeluargaan. 

Kesepakatan damai dicapai setelah Pj Kades dan perwakilan keluarga masing-masing para pemuda menyampaikan permohonan maaf saat musyawarah di Mapolsek Kuantan Mudik. 

Pihak korban berkenan berdamai secara kekeluargaan dengan mempertimbangkan ganti rugi yang dialaminya atas kerusakan barang-barang dagangan maupun alat peralatan kedai  saat terjadi kericuhan.

"Setelah melaksanakan musyawarah akhirnya kedua belah pihak sepakat menyelesaikan permasalahan secara kekeluargaan dan berdamai.  Selanjutnya pihak warga desa Seberang Pantai untuk barang dagangan maupun peralatan kedai akan diperbaiki dan akan menenangkan warga Kami untuk tidak bertindak yang dapat melakukan kerugian bagi orang lain maupun pihak korban  ucap Pj Kades Seberang Pantai, Nurman Antoni, Kamis ( 27/4/23).

Sementara Kapolsek Kuantan Mudik, AKP Ferry bersyukur antara kedua belah pihak berdamai. Sehingga situasi dan kondisi Kamtibmas tetap dalam keadaan aman dan  kondusif sebagaimana yang diinginkan oleh para kedua belah pihak dan sesuai dengan harapan.

AKP Fery, menjelaskan kejadian ini memang tidak diharapkan bersama.

"  Kami dari pihak keamanan minta kedua belah pihak agar sama-sama menjaga Kamtibmas dan penyelesaian secara kekeluargaan merupakan jalan terbaik daripada melalui jalur hukum sehingga masyarakat tetap hidup rukun dan damai serta situasi Kamtibmas Kuantan Mudik tetap aman dan kondusif, "ucap Kapolsek. 

"Mengenai kerugian akibat pengrusakkan tersebut akan kita lakukan pengecekkan kembali secara bersama ke kedai korban di Pasar Lubuk Jambi,"ujar AKP Fery. 

AKP Fery kembali mengimbau kepada masyarakat untuk menyelesaikan segala permasalahan yang terjadi di lingkungan dengan kepala dingin dan jalan musyawarah agar tercapai solusi yang baik sehingga dapat tercipta situasi yang aman, nyaman dan kondusif. 

”Apabila dalam musyawarah secara kekeluargaan tidak ada solusinya, masyarakat bisa menghubungi Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat untuk dilakukan mediasi melalui problem solving untuk mencari solusi yang baik dan tepat sesuai dengan peraturan hukum yang ada ” tutup AKP Fery. ( rls )

Berita Lainnya

Index