Pimpin Sementara Klasemen Porprov X Riau, Pelalawan Raih 2 Medali Emas Cabor Karate

Sabtu,12 November 2022 - 11:48:00 WIB

Pertandingan Cabor Karate Porprov Riau X. mcrg

PEKANBARU - Hari pertama pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X Riau, di Kabupaten Kuansing, Sabtu (12/11), sudah menghasilkan 4 medali emas. Di mana untuk sementara Kabupaten Pelalawan memimpin klasemen sementara dengan berhasil meraih 2 medali emas dari cabang Olahraga Karate.

Dua medali emas Pelalawan dari cabor Karate, dipersembahkan oleh Karateka Pelalawan Jessica Teti, yang turun di nomor Kumite kelas 68 Kg, mengalahkan karateka dari Pekanbaru Nurhaliza Ramdhani.

Lalu, emas kedua dipersembahkan, Aniza Nabila yang turun di nomor 50 Kg Putri, mengalahkan Karateka dari Pekanbaru Putri Anggraini.

Sementara itu, untuk nomor Kumite Putra, Karateka Kabupaten Rokan Hulu, M Prabowo, menyumbangkan emas pertama bagi Rohul, setelah berhasil meraih meraih emas nomor Kumite Putra 76 Kg, ia berhasil mengalahkan Karateka asal Kabupaten Rokan Hulu Muhmamad Deva. Sedangkan medali perak diraih oleh Karateka dari Pekanbaru, Abdurrazak.

Selain Rokan Hulu, Karateka Kabupaten Siak, Dimas Hadi Saputra, juga mencatatkan raihan emas perdana bagi daerahnya, setelah ia mengalahkan atlet dari M Fadilah, yang merupakan atlet tuan rumah Kabupaten Kuansing, untuk nomor Kumite Putra kelas 55 Kg. Untuk medali perunggu diraih Karateka dari Indragiri Hilir, Novri Ramdhani.

Ketua Federasi Olahraga Karate Indonesia (Forki) Riau, Parisman, yang hadir langsung pada pertandingan cabor Karate Porprov X, mengatakan, di hari pertama pertandingan sudah ada 4 nomor yabg dipertandingkan. Dan masih menyisakan 10 nomor lagi yang akan dipertandingkan, dari 14 nomor cabor Karate.

“Sama-sama kita lihat pertandingan tadi yang kita ketahui sudah dapat juaranya kita sama hadir disini. Kami dari Forki Riau akan mengevaluasi kegiatan Karate ini, karena dari Kejurnas nampak dan jauh kita tinggal dari Provinsi lain,” ujar Parisman.

Dijelaskan Parisman, bahwa dari hasil Porprov X Riau di Kuansing ini akan menjadi bahan evaluasi bagi Forki Riau untuk menjaring Karateka yang berhasil meraih prestasi.

Para atlet itu akan dibina untuk memperkuat tim Karate Riau, yang akan dipersiapkan untuk berbagai kejuaraan Karate.

“Oleh karena itu kita kumpulkan semua pengurus kabupaten/kota, untuk selalu mengadakan kejuaran Karate di Kabupaten agar kita dapat bibit-bibit karateka yang baik yang akan membawa nama Kabupaten, Provinsi dan Nasional,” kata Parisman.

“Kita akan mengevaluasi Karateka Riau, ketika Kejurnas memang kita kekurang pelatih dan events, dan untuk Pra PON kita akan mendatangkan pelatih yang dari Provinsi yang selalu juara, untuk Pra PON di Solo,” tegasnya.

Cabang olahraga Karate Porprov X Riau di Kuansing masih berlangsung untuk beberapa kelas di Venue Karate, pendopo kediaman Bupati Kuansing. (sumber ; mediacenterriau.go.id)