IRT Mengeluh, Harga Minyak Goreng Bawang Putih  Daging Ayam Naik

Jumat,25 November 2021 - 08:59:00 WIB

Aktifitas jual beli di Pasar Tradisional Berbasis Modern Teluk Kuantan

TELUK KUANTAN – Ibu rumah tangga ( KRT ) di Kuansing, Riau mengeluh, sebab harga sejumlah komoditi bahan kebutuhan pokok sehari-hari sedang merangkak naik dalam pekan ini. Kenaikan terjadi pada komoditi minyak goreng, bawang putih dan daging ayam .

“ Harga minyak goreng, bawang putih dan daging ayam naik. Untuk minyak goreng kemasan merk tertentu juga sedikit payah dicari,”kata Dona warga Teluk Kuantan, Selasa ( 23/11/21 ).

Begitu juga dengan dan Bawang menurutnya juga terjadi kenaikan. Ia berharap ditengah kondisi  ekonomi  sulit yang dirasakan warga saat ini ditengah masa Pandemo Covid-19 , harga bahan pokok kembali stabil, begitu juga stok dipasaran.

“ Kadang harga naik, stok pun susah dicari. Ganda jadi kesulitan yang dihadapi rumah tangga,”katanya.

Kadis Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kuansing, Azhar, MM, Rabu ( 24/11/21 ) mengaku sejumlah komoditi bahan pokok terpantau naik dipasaran. Namun untuk stok relativ dalam kondisi stabil atau tidak terlalu langka dipasaran.

“ Itu hasil pantauan petugas dari tanggal 17 November sampai dengan 24 November di pasar Tradisional Berbasis Modern dan sejumlah took bahan Sembako dan barang harian yang ada di kota Teluk Kuantan,”kata Azhar.

Dari hasil pantauan  tersebut katanya kenaikan harga sejumlah bahan pokok terjadi pada komoditi minyak goreng curah, daging Broiler atau ayam Ras serta bawang putih.

Kenaikan harga yang cukup tinggi terjadi pada komoditi bawang putih. Harga sebelumnya  Rp 25 ribu perkilogram tetapi sekarang naik menjadi Rp 30 ribu per kilogram.

“ Terjadi kenaikan sekitar Rp 5 ribu perkilogram,”katanya.

Untuk harga minyak goreng curah dan daging ayam Broiler atau Ras kenaikan rata-rata Rp 2 ribu perkilogram.  Minyak goreng curah sebelumnya Rp 18 ribu perkilogram sekarang menjadi Rp 20 ribu perkilogram. Harga daging ayam Broiler dan Ras dari Rp 28 ribu menjadi Rp 30 ribu perkilogram.

Penyebab kenaikan untuk harga minyak goreng curah katanya secara umum terjadi dimana saja tidak  semata di Kuansing. Hal ini didorong kenaikan harga bahan baku untuk pembuatan minyak goring curah.

“ Sedangkan kenaikan harga bawang putih karena import bawang putih juga berkurang sehingga harga bawang putih juga naik,”pungkasnya.  ( isa )