Ilyas Husti Berharap MUI Kuansing Bisa Kembangkan Wisata Halal

Rabu,07 April 2021 - 02:57:00 WIB

Pelantikan pengurus MUI Kuansing

TELUK KUANTAN - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Riau Prof Dr Ilyas Husti MA menghadiri sekaligus mengukuhkan Dewan Pimpinan MUI Kabupaten Kuantan Singingi dan perangkat organisasi masa khidmat 2020-2025 di Pendopo Rumdis Bupati Kuansing, Rabu (7/4/2021).

Pengukuhan tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Pimpinan Daerah MUI Provinsi Riau Nomor: Kep-157/DP IV/XI/2020.

Dalam pengukuhan tersebut dikukuhkan sebagai Ketua Umum MUI Kuantan Singingi periode 2020-2025, yakni H Bakhtiar Saleh yang juga Kasi Haji dan Umrah Kemenag Kuansing dengan Sekretaris dijabat Suhelmon MA.

Selain Ketua MUI Riau Prof Dr H Ilyas Husti MA, pengukuhan tersebut juga dihadiri Bupati Kuansing H Mursini, Sekdakab Kuansing Dr Dianto Mampanini, Forkopimda dan para undangan.

Ketua MUI Riau, H Ilyas Husti MA berharap agar MUI Kuansing bisa bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menciptakan kondisi daerah yang aman dan nyaman.

"Termasuk bersinergi mewujudkan pariwisata halal di Kuansing. Kalau bisa Kuansing pilot project dalam program ini. Karena saat ini Riau ditetapkan menjadi destinasi wisata terbaik tiga nasional," katanya.

Disamping itu, Ilyas Husti berpesan agar MUI Kuansing memposisikan diri sebagai pelayan masyarakat. Karena saat ini masyarakat menghendaki kenyamanan, ketentraman dan keamanaan.

"Apalagi saat ini kita dihadapkan persoalan bangsa yakni pandemi Covid-19," katanya.

Isu sentral saat ini katanya, adalah bagaimana cara menghadapi musibah ini dalam bentuk usaha dan ikhtiar. Usaha yang dilakukan pemerintah adalah berupa vaksinasi Covid-19.

"Maka MUI sebagai corong ke masyarakat agar menyampaikam bahwa vaksin ini tidak diragukan lagi kehalalannya," katanya.

Sementara Bupati Kuansing Drs H Mursini dalam arahannya mengatakan bahwa tugas MUI adalah melayani umat. Jangan malah sebaliknya, MUI yang minta dilayani.

"Oleh sebab itu susunlah program kerja yang bernas sehingga bisa direalisasikan kepada masyarakat," katanya.

Bupati berharap kepengurusan MUI Telukkuatan yang baru bisa melakukan sinergi dan kerjasama dengan pemerintah daerah dan forkopimda sehingga setiap program mendapat dukungan.

"MUI harus sejalan dengan program Pemda. Salah satunya maghrib mengaji yang harus didukung. Terima kasih semoga kepengurusan baru ini lebih baik," pungkasnya.( ms )