340 Mahasiswa Baru Uniks Ikuti PKKMB Secara Daring

Kamis,30 September 2020 - 10:32:00 WIB

Pembukaan PKKMB Mahasiswa Uniks

TELUKKUANTAN - Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Ajaran 2020/2021 dengan tema “Mewujudkan Generasi Penerus Bangsa yang Unggul dibidang IPTEK Berwawasan Islam” bertempat di Ruang Aula Rektorat Universitas Islam Kuantan Singingi (Uniks), Kebun Nenas Jake secara daring (dalam jaringan) melalui aplikasi Zoom Meeting, Rabu (30/9/2020).

Kegiatan PKKMB Uniks TA 2020/2021 berlangsung selama dua hari mulai  29 hingga 30 September 2020. Adapun tema yang diusung adalah “Mewujudkan Generasi Penerus Bangsa yang Unggul dibidang IPTEK Berwawasan Islam”.

Acara pembukaan PKKMB UNIKS dipusatkan di Aula Rektorat dengan menggunakan aplikasi Zoom meeting. Setelah dibuka oleh pembawa acara Alhairi SPdI MPdI, diteruskan dengan mendengarkan lagu “Indonesia Raya” dan lagu hymne Uniks, serta pembacaan ayat suci Al-quran oleh mahasiswa baru (Delti Murni) dan doa yang dipimpin oleh Zul Khairi.

Ketua Pelaksana PKKMB H Fitrianto, SAg MSh dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan PKKMB ini dilaksanakan secara virtual.

"Alhamdulillah, mahasiswa Uniks sebanyak 340 yang tersebar di fakultas pertanian sebanyak 92 orang, 75 orang mahasiswa Fakultas Teknik, 76 Fakultas Tarbiah dan Keguruan serta Fakultas Sosial sebanyak 97 orang mahasiswa," katanya.

Sesuai dengan hymne Uniks; demi cita-cita. Jiwa dan raga kami relakan. Maju Uniks. Jaya Kuansing. Sejahtera masyarakatnya.

Kegiatan ini dihadiri Dekan, Kaprodi, ketua lembaga dan biro serta perwakilan dosen. PKKMB dibuka secara resmi oleh Rektor UNIKS Ir Hj Elfi Indrawanis MM.

Dalam pesannya, bahwa kegiatan ini diikuti dengan serius dan tidak boleh main-main.

"Karena kami tidak bisa memantau langsung, hal ini karena tidak dilakukan secara tatap muka. Sebab tujuan diadakannya PKKMB ini adalah memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus khususnya terkait kegiatan pembelajaran dan kemahasiswaan," katanya.

Selanjutnya, berupa pemaparan materi yang pertama “General Education Pendidikan Tinggi  di Era Revolusi 4.0 yang disampaikan oleh Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Islam Kuantan Singingi Prof Dr Zulfan Sa’am MS.

Dilanjutkan pemateri berikutnya dengan tema Pencegahan Radikalisme, Komunisme, dan terorisme serta paham yang bertentangan dengan ideologi negara yang disampaikan oleh Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto SIK MM.

Terakhir diteruskan oleh Kepala Kejaksaan Kabupaten Kuantan Singingi Hadiman SH MH dengan tema Korupsi, Kolusi, Nepotisme dan Penegakan  Hukum di Indonesia.Lalu, kegiatan PKKMB yang dilaksanakan, Rabu (30/9/2020) dilaksanakan di fakultas masing-masing yang diisi oleh Dekan, Kaprodi dan PPM fakultas. 

Untuk memberikan penjelasan tentang apa yang akan didapatkan mahasiswa, baik dari segi ilmu pengetahuan, kompetensi sesuai minat dan bakat mahasiswa, baik melalui kegiatan akademik dan non akademik dengan dibantu oleh para dosen, kakak kelas sehingga mahasiswa baru dapat menyesuaikan diri dengan kondisi fakultas masing-masing.(rls)