Pilkada, Anggota PWI Diingatkan Jaga Netralitas

Pilkada, Anggota PWI Diingatkan Jaga Netralitas
Rapat pengurus PWI

TELUKKUANTAN - Pilkada Kuansing memasuki tahapan selanjutnya. Penetapan pasangan bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Kuansing akan dilangaungkan Rabu (23/9/2020). Selanjutnya, memasuki tahapan kampanye, 26 September 2020 mendatang.

Oleh karena itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kuansing, Idi Susianto langsung mengingatkan para anggotanya agar menjaga netralitas lembaga PWI ini ditengah pelaksanaan Pilkada Kuansing.

"Ini perlu diingatkan. Karena kita tidak ingin lembaga ini dituding berpihak. Dan saya pastikan, bahwa organisasi PWI Kuansing tidak berpihak kepada siapapun. Dan kepada seluruh anggota dimintanya untuk sama-sama menjaga netralitas," diingatkan Idi Susianto saat rapat bersama anggota PWI di Sekretariat PWI Kuansing, Selasa (22/9).

Kepada pengurus dan anggota yang terlibat langsung dalam tim pemenangan di pasangan calon, Idi memastikan, bahwa mereka telah membuat surat cuti atau non aktif dari pengurus dan keanggotaan PWI. Mulai dari penetapan, 23 September hingga 10 Desember 2020.

"Sengaja kami mengundang seluruh anggota PWI untuk memastikan bahwa bagi anggota yang masuk dalam tim pemenangan pasangan calon. Kalau ada, itu mereka sudah mengajukan surat cuti atau non aktif," katanya.

Ke depan, Idi juga mengingatkan agar masing-masing anggota PWI tetap mengedepankan menjaga kondusifitas di daerah dengan menyampaikan informasi yang baik dan mendidik kepada masyarakat. Terutama setiap wartawan, diminta jangan menyampaikan informasi yang bisa menimbulkan konflik antar kepentingan di masyarakat.

"Kepada semuanya, saya minta tetap jaga kondusifitas masyarakat dalam hal penyampaian informasi kepada masyarakat," ujarnya.

Tidak hanya wartawan yang dituntut profesional, Idi juga minta Paslon dan tim pemenangan juga bersikap profesional dengan memberi kesempatan yang sama kepada seluruh wartawan untuk akses informasi.

"Jadi, tidak hanya wartawan yang dituntut profesional, tetapi juga seluruh Paslon dan tim pemenangan juga harus professional,"pintanya.

Ia berharap agar Pilkada Kuansing 2020 ini berlangsung aman, damai dan tertib. Sehingga melahirkan pemimpin yang peduli dan berkomitmen untuk membangun Kuansing ke arah yang lebih baik.(rls)

Berita Lainnya

Index