Golkar Kembali Kuasai DPRD Kuansing

Sabtu,27 April 2019 - 09:58:00 WIB

Andi Putra

TELUKKUANTAN - Perhelatan pesta demokrasi 5 tahunan berlangsung aman dan damai. Tahapan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Kuantan Singingi telah selesai. Hasil pemilu 2019 ini pun telah diketahui khusus untuk DPRD Kuansing.

Dari hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara di seluruh kecamatan partai Golkar kembali menguasai kursi di DPRD Kuansing walaupun partai berlambang pohon beringin ini tidak lagi menjadi partai penguasa di Kuansing sejak kadernya gagal merebut kursi Bupati di Pilkada 2015 lalu.

Buktinya dari empat daerah pemilihan (Dapil), Golkar berhasil meloloskan 6 kadernya yang akan duduk di DPRD Kuansing.

Ada dua kursi di dapil 1 Kuansing yang meliputi Kecamatan Kuantan Tengah, Sentajo Raya dan Benai. Kedua kader Golkar itu, antara lain Andi Putra SH MH, yang sekarang menjabat sebagai Ketua DPRD Kuansing dan ada Romi Alfisyahputra SE. Dengan total perolehan suara di dapil 1 ini mencapai 10.045 suara.

Selanjutnya, di dapil 2 Kuansing yang meliputi Pangean, Logas Tanah Darat, Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang, Inuman dan Cerenti, juga berhasil meloloskan dua kadernya. Masing-masing Sastra Febriawan SPi MSi dan Dr Adam SH MH. Dengan total perolehan suara di dapil ini mencapai 9.784 suara.

Namun di dapil 3 Kuansing yang meliputi Kecamatan Kuantan Mudik, Gunung Toar, Hulu Kuantan dan Pucuk Rantau. Golkar gagal meloloskan kadernya di DPRD Kuansing. Suara Golkar di dapil ini mencapai 2.462 suara.

Sedangkan di dapil 4 Kuansing kembali berjaya. Golkar berhasil meloloskan dua kadernya H Sutoyo dan Endri Yupet. Total perolehan suara dari dapil yang meliputi Singingi dan Singingi Hilir ini mencapai 6962 suara.

Dengan raihan itu, hanya Golkar di Kuansing yang meloloskan 6 kadernya di parlemen.

Sementara dibawahnya ada sejumlah partai politik yang mampu meloloskan 4 kadernya. Seperti PPP yang meloloskan 4 kader disusul Gerindra juga 4 kader , demokrat 4 kader dan Nasdem 4 kader serta PAN 4 kader. Lima Parpol ini akan berebut meraih posisi wakil ketua I dan wakil ketua II DPRD Kuansing.

 

Sementara PDIP 3 kader, PKB 3 kader,  PKS 2 kader, dan Hanura 1 kader.

"Sesuai dari hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan. Golkar berhasil meraih 6 kursi. Alhamdulillah, kita kembali jadi partai pemenang di Kuansing. Ini tidak terlepas dari dukungan semua kader, simpatisan, relawan dan masyarakat Kuansing," ujar Ketua DPD Golkar Kuansing, Andi Putra kepada wartawan di Telukkuantan, Jumat (26/4/2019).

Ke depan, Ia menghimbau seluruh kader, simpatisan dan relawan serta masyarakat untuk tetap kompak, bersatu dan terus rajut silaturrahim antar sesama.

"Pemilu sudah usai. Hilangkan perbedaan. Mari kita kembali rajut silaturrahim," imbau Ketua DPRD Kuansing.(rls)