Kuansing Terima Bantuan Sarana Kebersihan dari Kementrian PU

Kuansing Terima Bantuan Sarana Kebersihan dari Kementrian PU
Kadis PKP Kuansing, Drs Azhar, MM saat menerima bantuan. ( ktc )

TELUK KUANTAN – Pemkab Kuansing melalui Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan ( PKP ) Kuansing menerima bantuan sarana dan prasarana kebersihan dari Kementrian Pekerjaan Umum ( PU ) RI.
Menurut Kadis PKP Kuansing, Drs Azhar, MM, Kamis ( 7/4/2016 ) kemaren, bantuan yang mereka terima terdiri dari dua jenis . " Ada  dua jenis bantuan yang  di terima dari Kementrian PU yang ditujukan untuk meningkatkan pengelolaan kebersihan di Kuansing,"ujarnya.
Pertama kata Azhar bangunan pencacah kompos dan peralatan yang terdiri dari, mesin pencacah plastik, motor kaisar dan mesin pencacah sampah.
" Mesin pencacah sampah plastik dan sampah akan memisahkan sampah plastik dan dihancurkan sejak awal sehingga dapat menjadi kompos, sedangkan motor kaisar untuk pengangkutan ,"jelasnya.
Kemudian lanjutnya, ada lagi bantuan peralatan untuk tempat pengelolaan sampah terpadu ( TPST ). Bantuanya berupa, satu unit penyemprot hama, sumur bor dan gerobak dorong.
" TPST ada empat unit, dua unit di Kuantan Tengah tepatnya di desa Sawah dan Koto Taluk, Kuantan Mudik di desa Rantau Sialang dan Kuanntan Hilir,"ujarnya.
Tujuan TPST ini untuk mengurangi sampah yang diangkut ke TPA  ( tempat pembuangan akhir ). " Dengan keberadaan TPS ini diharapkan masyarakat yang berada diaekitar TPST mengantarkan sampahnya ke TPST  untuk diolah,"ujarnya.
" Kalau yang bersifat organik akan diolah menjadi kompos. Sehingga sampah yang di angkat ke TPA  menjadi berkurang dengan demikian juga diharapkan umur TPA atau masa pakai TPA akan bertambah juga,"ujarnya menambahkan.
Menurut Azhar, bantuan empat TPST merupakan kegiatan APBN tahun 2015. " Untuk tahun 2016 Kuansing kembali mendapatkan 2 unit TPST yang lokasinya sedang kita cari tempatnya,"ujarnya.
" Disamping 2 unit TPST untuk tahun 2016 Insya Allah Kuansing juga mendapakan 1 unit escavator untuk di TPA dan 1 unit IPLT ( instalasi pengelolaan lumpur tinja ) yang akan di tempatkan di TPA,"pungkasnya. ( isa )


 

 

Berita Lainnya

Index