Pertumbuhan Ekonomi Kuansing Melebihi Provinsi

Pertumbuhan Ekonomi Kuansing Melebihi Provinsi
salah satu pusat transaksi ekonomi di Teluk Kuantan, Pasar Rakyat. ( isa )

TELUK KUANTAN - Dalam kurun waktu 2009-2011 pertumbuhan ekonomi Kuantan Singingi relative tinggi dibanding pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota di Provinsi Riau maupun pertumbuhan provinsi itu sendiri.

 Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kuansing Jasril,SE kepada wartawan, di Telukkuantan, Jumat pagi(07/12) pagi. Menurutnya, Pada tahun 2009 pertumbuhan ekonomi Kuansing sebesar 6,90 persen  menjadi 7,03 persen pada tahun 2010 , serta pada tahun 2011 pertumbuhan ekonomi sedikit naik menjadi sebesar 7,19 persen.

 Dikatakannya, tinggi rendahnya pertumbuhan ekonomi suatu daerah mencerminkan secara riil dinamika pembangunan daerah tersebut dalam mengelola sumber daya yang dimiliki, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia.

Lebih jauh Jasril mengatakan pertumbuhan  yang cukup tinggi tersebut memberikan sinyal bahwa roda perekonomian di Kuansing telah mampu dan menompa serta menggerakkan seluruh sector ekonomi dalam memanfaatkan segala potensi sumber daya ekonomi dan sumber daya manusianya.

 

Selain itu kata Jasril untuk sektor keuangan tetap mengalami pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, yaitu sebesar 12, 02 persen.Artinya sedikit mengalami penurunan dibanding pertumbuhan tahun lalu sebesar 15,57 persen.

“Walaupun mengalami pertumbuhan yang relative tinggi namun sector keuangan masih memberikan kontribusi sangat kecil sebesar 1,46 persen,”ujarnya.


Sektor jasa kata Jasril lebih lanjut juga memiliki pertumbuhan tertinggi berikutnya, yang mencapai pertumbuhan sebesar 9,96 persen tahun 2011. “Ini menunjukkan sector ini telah mampu menciptakan nilai tambahnya atas aktivitas ekonominya terutama karena pesatnya pembangunan oleh pemerintah daerah,”paparnya. (isa )

Berita Lainnya

Index