Hujan Ganggu Rangkaian Agenda Pacu Jalur, Penonton Berlarian Cari Tempat Berteduh

Jumat,21 Agustus 2014 - 03:00:00 WIB

Gubri H Anas Ma'amun serahkan piala Menteri Pariwisata kepada Bupati Kuansing H Sukarmis. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Hujan yang semakin deras mengguyur kota Teluk Kuantan, menganggu acara pembukaan pacu jalur event nasional 2014 yang dilangsungkan di lapangan Limuno Teluk Kuantan, Kamis ( 21/8/2014 ) siang. Akibat hujan ini, sebagian peserta upacara terutama peserta pawai budaya menyelamatkan diri ke tempat teduh, karena hujan semakin deras pawai budaya yang akan diikuti oleh 15 kecamatan di Kuansing ditiadakan. Belum dapat kepastian apakah pawai budaya dilanjutkan setelah hujan reda.

Namun demikian pelaksanaan acara pembukaan yang dihadiri Gubernur Riau H Anas Ma'mun tetap dilanjutkan di balai pendopo lapangan Limuno Teluk Kuantan sampai dengan pukul 1 siang. Tampak hadir Unsur Muspida Riau, seperti Kajati Riau, Untung Arimuladi, SH, M.Hum, Bupati dan utusan kabupaten dan kota se-Riau dan kabupaten serta walikota dari provinsi tetangga.Bupati Kuansing H Sukarmis tetap memberikan sambutan dilanjutkan dengan pidao Gubri Anas Ma'amun dan diteruskan dengan seremoni acara pembukaan.

Selain menganggu menganggu acara pembukaan, pelaksanan pacu jalur juga akan terkendal jika hujan tetap turun menjelang pacu jalur dimulai. Karena hujan akan menganggu pandangan pemacu, apalagi pada hari pertama akan ada 74 kali hilir atau 146 jalur yang berpacu.

Hujan tidak hanya menganggu acara pembukaan yang biasanya megah, namun juga membuat puluhan ribu warga yang sudah memadati arena tepian Narosa Teluk Kuantan berpencar mencari tempat berlindung. Hanya penonton yang berada di dalam tribun yang masih bertahan.

" Mudah-mudahan hujan cepat reda dan rangkaian serta agenda pacu jalur tetap sesuai yang telah direncanakan untuk hari pertama,"ujar Kasubag Humas Setda Kuansing, Hevi Heri Antoni.

Setelah acara pembukaan ujar Hevi, rombongan Gubernur dan Bupati serta para undangan akan istrihat makan siang dan sholat dilanjutkan dengan acara pelepasan di pancang star dan kemudian menyaksikan pacu jalur di tribune kehormatan yang ada di pancang finish. ( isa )