4 Kades di Pucuk Rantau Dilantik

Rabu,09 Oktober 2013 - 07:26:00 WIB

Bupati H Sukarmis dan unsur Muspida dan unsur Upika Pucuk Rantau menyalami 4 orang Kades usai dilant


PUCUK RANTAU  - 4 orang kepala desa ( Kades ) yang ada di kecamatan Pucuk Rantau dilantik, Rabu ( 9/10 ) siang. Keempatnya dilantik oleh Bupati Kuansing H Sukarmis di halaman samping Kator Camat Pucuk Rantau di desa Muaro Tobek .
Keempat Kades yang dilantik tersebut masing-masing Hariantoni sebagai Kades Muara Tobek, Yurnalis BS sebagai Kades Muara Tiu Makmur , Miswar sebagai Kades Kampung Baru Ibul dan Judisman sebagai Kades Sungai Besar Hilir.
Dalam sambutannya, Sukarmis mengingatkan, seorang Kades dituntut mampu menyamakan visi dan misi dengan pemerintah dan mendukung pembangunan yang dilakukan pemerintah di masyarakat.

Karena menurutnya, Kades merupakan ujung tombak pembangunan. Oleh sebab itu , Kades harus mampu menyerap dan menyampaikan setiap aspirasi serta sebagai tempat bertanya masyarakat.

"Apapun keinginan masyarakat disampaikan kepada kades dan kemudian aspirasi ini disampaikan ke pemerintahan yang lebih tinggi," kata Sukarmis.

Yang tak kalah penting ujar Sukarmis, seorang Kades dalam melaksanakan roda pemerintahan dilarang berpolitik. Kades  harus fokur memikirkan bagaimana negeri  bisa dibangun kedepannya.
"Kita harus berfikir bagaimana desa ini maju dan berkembang, tentu untuk membangunnya tidak terlepas dari hubungan baik yang tercipta dengan pemerintah yang lebih tinggi," katanya.


Bupati Dinobatkan Sebagai Bapak Pembangunan

Dalam kesempatan yang sama, Bupati H Sukarmis juga diberi gelar oleh masyarakat Pucuk Rantau sebagai Datuak Bagindo Kayo Pucuk Rantau dan juga dinobatkan sebagai Bapak Pembangunan. Gelar itu diterima Sukarmis usai melantik empat kepala desa di Pucuk Rantau

"Wujud terima kasih kami kepada Pak Bupati, kami memberikan gelar adat kepada Bapak dan kami juga menobatkan Bapak Sebagai Bapak Pembangunan di Kuantan Singingi," kata Camat Pucuk Rantau Budi Asrianto SSOs MSi usai acara pelantikan.( isa )