Masih 14 Tahun, Alvin Jadi Mahasiswa Termuda UGM

Masih 14 Tahun, Alvin Jadi Mahasiswa Termuda UGM
Foto : Mahasiswa termuda UGM 2013, Alvinasari Tryasdini Arifin/UGM

JAKARTA - Normalnya, mahasiswa yang memasuki jenjang perkuliahan berusia 18-19 tahun. Namun tidak demikian bagi Alvinasari Tryasdini Arifin yang menyandang status mahasiswa baru (maba) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada usia 14 tahun 11 bulan 21 hari.

Dengan usia tersebut, Alvin pun dinyatakan sebagai mahasiswa termuda angkatan 2013 di UGM. Diumumkan sebagai mahasiswa termuda, mahasiswa jurusan psikologi itu mengaku terkejut. "Ya senang. Gimana ya, deg-degan juga," ujar Alvin, seperti dikutip dari situs UGM, Selasa (3/9/2013).

Meski memiliki perbedaan usia dengan teman seangkatannya, Alvin berharap bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan kampus UGM. Dia bertekad akan terus bergaul dan belajar dengan teman-teman barunya.

Alvin diterima sebagai mahasiswa Jurusan Psikologi UGM melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Psikologi, lanjutnya, merupakan bidang ilmu yang disukai sejak dulu.

"Psikologi mempelajari ilmu tentang manusia. Sejak dulu saya senang mempelajari gerak-gerik tingkah laku manusia. Ya sempat bimbang pilih antara UGM dan Universitas Indonesia (UI), tapi akhirnya saya pilih Fakultas Psikologi UGM sebagai pilihan pertama,"  jelasnya.

Gadis kelahiran Kendari, Sulawesi Tenggara, 11 September 1998, itu melewati semua jenjang pendidikan melalui program akselerasi. Untuk menamatkan SD, dia hanya perlu lima tahun, serta SMP dan SMA selama dua tahun. Sehingga tidak mengherankan jika Alvin sudah menjadi mahasiswa dalam usia kurang dari 15 tahun.

Saat duduk di bangku SMAN 1 Kendari, Alvin mengaku tidak memiliki prestasi akademik luar biasa. Meski begitu, nilai rapornya selalu di atas rata-rata. Bahkan saat duduk di kelas XI, dia termasuk 10 besar di sekolahnya.

Menurut Alvin, predikat mahasiswa termuda yang diraih juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi kedua orangtuanya, yakni Arifin L Godo dan Arna Ariyani. "Ya, bapak datang juga di upacara penerimaan ini. Dia ikut senang. Mudah-mudahan saya bisa cepat bergaul dengan yang lain dan bisa lancar kuliah di universitas terbaik di Indonesia," tutup Alvin. ( sumber : okezone.com )

Berita Lainnya

Index