Setelah Menyandera 2 Tahun, Perompak Somalia Bebaskan 6 Pelaut Denmark

Setelah Menyandera 2 Tahun, Perompak Somalia Bebaskan 6 Pelaut Denmark
Perompak Somalia. (Ilustrasi/telegraph.co.uk)

Kopenhagen - Setelah disandera selama lebih dari 2 tahun, enam pelaut asal Denmark akhirnya dibebaskan perompak Somalia. Pembebasan itu setelah para perompak menerima uang tebusan untuk mereka.

Sebagaimana dilansir AFP, Selasa (30/4/2013), perusahaan kapal kargo tempat keenam pelaut bekerja, telah memberikan sejumlah uang sebagai tebusan. Namun pihak perusahaan tersebut enggan menyebut berapa nilai uang yang diberikan.

Sementara seorang jurnalis stasiun televisi Denmark menyebutkan para penyandera menerima uang senilai USD 6,9 juta atau sekitar Rp 66 miliar. Uang itu diberikan dalam dua tahap dan diberikan langsung di tengah laut.

"Setelah kembali ke Denmark, para pelaut akan kembali berkumpul dengan dengan keluarga mereka secepat mungkin setelah mendapatkan perawatan medis dan konseling," kata juru bicara pemerintah Denmark dalam sebuah pernyataan.

"Mereka dipindahkan ke lokasi yang berbeda di Somalia. Pada beberapa kesempatan para sandera telah diizinkan untuk berbicara dengan keluarga mereka," kata pihak perusahaan.

Perompak Somalia, menjadikan perairan di Teluk Aden sebagai wilayah sasaran untuk perompakan. Perairan di teluk Aden merupakan rute perdagangan maritim tersibuk di dunia. Sudah miliaran uang yang dikeluarkan untuk merebut kembali kapal-kapal yang dibajak oleh perompak Somalia. ( afp/dtc/ktc )

Berita Lainnya

Index